UMKM


MenKopUKM Teten dalam mendukung Persib memberikan peluang bagi UMKM

Standard Post with Image

Bprnews.id - Sebuah langkah terpuji, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenKopUKM) Teten Masduki memberikan apresiasi yang besar kepada Klub Sepak Bola Persib Bandung yang telah menyediakan platform bagi usaha kecil dan menengah (UKM) di industri fashion untuk mengembangkan produk mereka.

Saat berkunjung ke Graha Persib, Bandung, Jawa Barat, Teten memuji Persib yang telah memasukkan UKM sebagai pemasok berbagai produk. Ia lebih lanjut memuji nilai pasar klub yang tinggi, yang dapat membawa keuntungan signifikan bagi UKM yang terlibat.

“Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Persib yang sudah memberikan ruang bagi para pelaku UMKM untuk menjadi supplier ya bagi Persib untuk beberapa produk,” kata Teten saat berkunjung ke Graha Persib Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Tak hanya memuji industri fesyen, Teten juga mengungkapkan kekagumannya atas keterlibatan UKM kuliner yang menjual produknya di setiap pertandingan Persib, sehingga efektif memperkuat perekonomian UKM daerah. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut apresiasi tulus Teten dan dampak positifnya bagi UKM.

“Sehingga kalau ada kolaborasi produk ini tentu juga akan menguntungkan bagi para pelaku UMKM,” kata dia.

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kuliner Indonesia mempunyai peluang baru untuk meningkatkan pendapatan dan eksposur dengan menjual produknya selama pertandingan sepak bola.

Sentimen serupa juga disampaikan Teten yang meyakini pengelolaan klub sepak bola yang profesional dan modern dapat mendorong industrialisasi di sektor sepak bola Indonesia. Hal ini mencakup eksploitasi ekonomi pada seluruh aspek; mulai dari merchandising, pengelolaan fasilitas stadion, hingga kegiatan wirausaha di sekitar stadion dan periklanan.

“Nah karena itu merchandise salah satu sumber dari ekonomi klub, selain pengelolaan manajemen stadion, ya kegiatan usaha di sekitar stadion termasuk juga iklan dan lain sebagainya,” katanya.

Pergeseran paradigma ini, beralih dari mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebagai pendapatan klub, berharap bisa mencontoh seperti Persib yang sukses melibatkan UMKM dalam setiap produknya.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News