Standard Post with Image
LKM

LKM Artha Kerta Raharja Tangerang Gelar RUPS

bprnews.id - PT LKM Artha Kerta Raharja Kabupaten Tangerang menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), yang dibuka Wakil Bupati Tangerang, H. Mad Romli di Ruang Rapat Cituis, Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang, Rabu (12/4/23.

Wakil Bupati Tangerang, H. Mad Romli mengatakan agenda RUPS adalah proses monitoring dan evaluasi pelaksanaan realisasi anggaran tahun sebelumnya sekaligus juga merupakan media untuk menyampaikan rencana kerja di tahun mendatang.

"Saya berharap melalui momentum ini dapat dilakukan pembahasan tentang masalah-masalah yang dihadapi PT LKM Artha Kerta Raharja sekaligus pencarian upaya solusi dalam pengembangan kinerja, sehingga kedepannya PT LKM Artha Kerta Raharja dapat terus mengembangkan kegiatannya demi mencapai masyarakat Kabupaten Tangerang yang lebih baik," kata H. Mad Romli.

Sementara itu, Komisaris Utama PT LKM Artha Kerta Raharja Kabupaten Tangerang, Deny Hikmat mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan perbaikan dan penyempurnaan, baik secara organisasi maupun dalam proses bisnis.

"Baik organisasi maupun proses bisnis, sudah dilakukan perbaikan, seperti perbaikan SOP, meningkatkan kinerja keuangan serta memperkuat sistem audit yang dilakukan secara berkala," kata Deny.

Ia berharap keberadaan LKM ini dapat diterima oleh masyarakat serta dapat memberikan yang terbaik serta mampu berkontribusi positif bagi masyarakat khususnya di sektor ekonomi dan juga Pemkab Tangerang.

Standard Post with Image
LKM

Pemkab Serang Diminta Fokus Bina BUMD

bprnews.id - Agar kasus yang menimpa PT LKM Ciomas tidak terulang kembali, Agus Wahyudiono selaku Ketua Komisi III DPRD meminta  pemerintah Kabupaten Serang untuk melakukan pembinaan terhadap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).  

Agus meminta keberadaan BUMD yang dimiliki Pemkab Serang bisa membawa keberuntungan bagi daerah dan jangan sampai merugikan daerah apalagi masyarakat.

“Sebagai mitra komisi dan juga kaitan dengan BUMD ini, bagaimana usahanya supaya yang sehat agar didorong lebih sehat. Ketika ada yang tidak sehat dalam hal keuangan usaha dan lainnya dikasih bimbingan dan arahan laporan, supaya tidak terlampau jauh ketika ada kerugian,” kata Agus belum lama ini.

Ada empat BUMD yang dimiliki Pemkab Serang diantaranya BPR Serang, LKM Ciomas (likuditas), Serang Berkah Mandiri (SBM) dan Perumda Tirta al-Bantani.

“Makanya  di Pemerintah ini ada bagian ekonomi, yang membina BUMD, makanya kita minta tolong ini bimbingannya terhadap BUMD yang ada di kabupaten Serang,” ujar Agus.

Diakui Agus dalam tiga bulan sekali, Komisi III kerap melakukan rapat bersama mitra-mitra komisi, sehingga dapat diketahui jika ada BUMD mana yang sakit dan sehat.

“Kalau ada yang kurang sehat makanya untuk segera ngambil tindakan. Yang sudah sehat kita sehatkan agar bisa memberikan deviden kepada pendapatan daerah,” ujarnya.

 “Agar juga tidak terlalu dalam, misalnya tidak ada evaluasi, tidak ada kontrol, tahu-tahu ada kerugian sekian miliar, kan merugikan pemerintah dan rakyat,” tutupnya.

Diketahui, BPK Perwakilan Banten,  berpendapat bahwa Pemkab Serang berpotensi kehilangan pendapatan dari investasi Pemerintah Kabupaten Serang atas likuidasi PT LKM Ciomas.

“Kerugian daerah atas penyertaan modal daerah pada PT LKM Ciomas sebesar Rp5.466.758.000,00,” demikan bunyi  LHP BPK Perwakilan Banten tahun 2022 yang dikutip kabar6.com.

Kemudian, BPK RI Perwakilan Banten juga menyebut, penggantian dana nasabah sebesar Rp3.000.000.000 tahun 2022 membebani keuangan daerah serta potensi menjadi beban keuangan daerah berupa sisa kewajiban yang timbul dari likuidasi PT LKM Ciomas sebesar Rp7.908.438.311.(Aep)

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News