Standard Post with Image
Industri

Penuhi Kebutuhan Pelumas SIG Group, SMGR Gandeng Pertamina Lubricants Untuk Peroleh

Bprnews.id - PT Pertamina Lubricants (PTPL) dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG (SMGR) telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) Pengembangan Pelumas Industri untuk memenuhi kebutuhan pelumas di seluruh kegiatan operasional SIG Group.

Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan oleh Direktur Sales and Marketing PT Pertamina Lubricants, Sari Istiani Rachmi, dan Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari pada Jumat (17/11/2023).

Kolaborasi ini merupakan bentuk penguatan sinergi BUMN yang akan membuka peluang berbagai bentuk kerja sama lanjutan, termasuk riset bersama dan pengembangan produk pelumas dan gemuk (grease) secara bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan operasional SIG Group.

"Kami memahami pentingnya riset agar dapat memformulasikan pelumas sesuai dengan spesifikasi dan kerja mesin, khususnya mesin dengan teknologi terkini. Kami adaptif, agile dan cepat dalam merespon kebutuhan konsumen," kata Sari Istiani Rachmi, melalui keterangan resmi, dikutip Senin, (20/11/2023).

Di sisi lain, Reni Wulandari, Direktur Operasi SIG, menegaskan bahwa kerja sama dengan PT Pertamina Lubricants mencerminkan komitmen SIG untuk memperkuat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam seluruh kegiatan operasional perusahaan.

"Penggunaan produk dalam negeri merupakan ianisiatif strategis yang tertuang dalam Sustainability Road Map SIG 2020-2030. Kami mendukung program dan kebijakan pemerintah dalam P3DN dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), untuk pertumbuhan perekonomian nasional," tutup Reni Wulandari.

 

Standard Post with Image
Industri

Pelaku Industri, Mendukung Arahan Strategis (OJK) Dalam Pengembangan Mata Uang Kripto.

Bprnews.id - Dalam era digital saat ini, mata uang kripto telah menjadi topik yang cukup populer dan menarik perhatian banyak pihak, termasuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia. OJK diketahui terus berupaya untuk mengambil peran proaktif dalam mengatur, mengawasi, dan mendukung perkembangan pasar kripto di Indonesia. Upaya ini tentu saja sejalan dengan amanat yang diberikan oleh UU P2SK.

Sebagai bentuk dukungan terhadap penguatan dan pengembangan mata uang kripto, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia telah menguraikan beberapa langkah kebijakan yang telah diambil dan rencana untuk diterapkan di masa depan. Kebijakan yang diusulkan ini telah diterima secara positif oleh para pelaku industri di pasar kripto, menyoroti semakin pentingnya aset digital ini dalam lanskap keuangan.

CEO Tokocrypto, Yudhono Rawis, yang sangat menantikan Masterplan dan desain POJK (Peraturan Otoritas Jasa Keuangan). Rawis tidak hanya menjadi penonton di dunia kripto yang sedang berkembang di Indonesia, tetapi juga sosok yang aktif mendukung upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam mengambil kebijakan. Kebijakan tersebut tidak hanya bertujuan untuk memperkuat tetapi juga mempercepat pertumbuhan sektor aset kripto di Tanah Air

Pandangan Yudho mengenai langkah tegas yang diambil Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia. Secara khusus, kami akan mengeksplorasi upaya mereka dalam memetakan masalah lintas sektoral mengenai koordinasi dan harmonisasi kebijakan yang terkait dengan aset kripto. Dengan sifat dunia keuangan digital yang bergejolak, memahami strategi-strategi yang berpikiran maju ini dapat menjadi kunci bagi para investor, penggemar fintech, atau siapa pun yang tertarik pada titik temu antara keuangan dan teknologi.

"Kami sangat menantikan arah kebijakan yang akan diambil oleh OJK untuk memastikan bahwa industri aset kripto di Indonesia berkembang seiring dengan perkembangan teknologi, dan sejalan dengan standar global,” kata Yudho dalam siaran pers, dikutip Minggu (14/10/2023). 

Industri aset kripto di Indonesia terus berkembang namun dengan pertumbuhan tersebut muncul kebutuhan mendesak akan regulasi yang jelas dan efektif, hal ini penting dalam meminimalkan risiko, melindungi investor, dan memastikan pertumbuhan stabil yang berkelanjutan.

Yudho menyatakan, Tokocrypto, bursa kripto terkemuka, dengan sepenuh hati mendukung upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia untuk mengarahkan industri aset kripto di Indonesia ke jalur yang benar.

Dalam era digital ini, teknologi blockchain dan aset kripto telah menjadi topik yang hangat dan menjanjikan, terutama di Indonesia. Majunya industri kripto di Indonesia tidak terlepas dari peran penting berbagai pihak, termasuk perusahaan kripto lokal, Tokocrypto.

“Di sisi lain, perubahan ini tetap mengedepankan kepentingan untuk perlindungan bagi masyarakat dan konsumen,” pungkas Yudho. 

Standard Post with Image
Industri

Laba pada perusahaan industri mengalami penurunan dua digit selama Januari-Agustus 2023

Bprnews.id - Laba pada perusahaan industry mengalami penurunan dua digit selama Januari-Agustus 2023. Namun laju penurunan sedikit melambat karena adanya serangkaian langkah dukungan kebijakan yang mulai menstabilkan perekonomian yang terhenti. 
 

Data dari Biro Statistik Nasional (NBS) pada Rabu (27/9/2023) laba industri turun 11,7 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) pada Januari-Agustus 2023, menyempit dari kontraksi sebesar 15,5 persen selama tujuh bulan pertama 2023. Hal ini sejalan dengan proyeksi dan mungkin menunjukan pemulihan moderat yang terjadi pada beberapa bisnis.

Sementara itu, data NBS menunjukan bahwa laba pada Agustus 2023 melonjak 17,2 persen (yoy), setelah laba turun 6,7 persen pada Juli 2023. “Data ini mencerminkan bahwa permintaan domestik telah stabil dan sisi permintaan dan penawaran telah mengalami pemulihan yang seimbang,” jelas ekonom di Jones Lang Lasalle, Bruce Pang, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (27/9).

Ahli statistik NBS Yu Weining juga menuturkan bahwa serangkaian kebijakan untuk mendorong pemulihan makroekonomi mendukung pendapatan pada bulan lalu.

Laba pada 30 dari 41 sektor industri utama meningkat dalam periode tersebut. Kerugian pada industri bahan baku juga menyempit secara signifikan karena kenaikan harga komoditas dan pulihnya permintaan. 

Kemudian, ketika China meningkatkan dukungan kebijakan untuk ekonominya yang melemah setelah pemulihan singkat pascacovid, data terbaru menunjukan tanda-tanda stabilisasi dengan pinjaman bank, output industri, dan pertumbuhan penjualan ritel yang lebih kuat dari proyeksi pada Agustus 2023.

Namun pelemahan yang persisten dalam sektor properti yang terpukul krisis tetap menjadi hambatan pertumbuhan ekonomi.

Pada Agustus 2023, harga rumah baru di China juga turun dengan laju tercepat dalam 10 bulan. Aturan peminjaman yang lebih longgar kemudian menunjukan peningkatan penjualan rumah baru di kota-kota besar seperti Beijing. Namun, ada kekhawatiran bahwa perkembangan positif ini hanya bersifat sementara.

Selain itu, terdapat kekhawatiran bahwa kepercayaan yang rendah dalam sektor properti dapat menggoyahkan prospek permintaan secara keseluruhan bagi bisnis dan ekonomi.

Rincian dari data NBS juga menunjukkan bahwa masih ada jalan yang harus ditempuh untuk pemulihan pertumbuhan pendapatan, secara keseluruhan yang kuat.

Keuntungan pada perusahaan milik negara (BUMN) menurun 3,8 persen pada delapan bulan pertama. Perusahaan asing menurun 1,3 persen dan perusahaan swasta menyusut sebesar 6,1 persen. Angka keuntungan industri mencakup perusahaan dengan pendapatan tahunan setidaknya sebesar 20 juta yuan atau sekitar Rp42,5 miliar dari operasi utama mereka. 

Standard Post with Image
Industri

Indonesia Jalin Kerja Sama Industri dengan China dan Korsel

bprnews.idUntuk mendorong kerja sama yang efektif di bidang industri. Pemerintah Indonesia berkerja sama dengan China dan Korea Selatan.

perjanjian kerja sama industri Indonesia-Republik Korea ditandatangani oleh Menperin dan Menteri Perdagangan Ahn Dukgeun dalam pertemuan bilateral di Jakarta pada Jumat.

“MoU kerja sama industri antara Kemenperin dengan MIIT RRT bertujuan untuk mengembangkan kerja sama di sektor industri manufaktur selama kurun waktu lima tahun dan dapat diperpanjang,” kata Menperin Agus Gumiwang dalam keterangan di Jakarta, Jumat (8/9/2023).

Kerja sama yang dikembangkan dengan China khususnya dalam hal kebijakan dan peraturan, industri bahan baku pesawat terbang, industri fotovoltaik surya, komponen elektronik, peralatan rumah tangga, industri perkapalan, industri kecil dan menengah, dan kawasan industri.

Menperin menjelaskan, bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan pada kerja sama antara lain mempromosikan pelaksanaan proyek kerja sama yang saling menguntungkan bagi kedua pihak, mengintensifkan program pengembangan sumber daya manusia (SDM) industri, serta mempromosikan pertukaran dan kerja sama antara pusat-pusat penelitian, lembaga pemikir dan lembaga konsultan serta antara industri dan lembaga pendidikan di bawah kewenangan pihak kedua negara.

kerja sama yang dilakukan adalah mendorong pelaksanaan proyek-proyek yang bertujuan untuk mendorong pengembangan industri kedua negara, serta bentuk kerja sama lain yang disepakati para pihak secara tertulis.

Kerja sama dengan Korsel

Ruang lingkup kerja sama industri yang disepakati oleh Indonesia dan Korea Selatan meliputi kebijakan industri untuk menganalisis, meningkatkan, kerja sama bilateral dengan tujuan mengembangkan investasi di masa depan pada sektor industri.

Di bidang teknologi, kerja sama mencakup perkembangan dan penerapan inovasi teknologi baru serta eksplorasi dan pelaksanaan proyek-proyek teknis bersama untuk meningkatkan kinerja industri.

Selanjutnya, di bidang pengembangan SDM industri, dilakukan untuk mengembangkan kapasitas SDM industri dalam bidang pengembangan teknologi manufaktur dan industri 4.0, . Kerja sama juga dilakukan di area-area lainnya yang dapat ditentukan bersama oleh para partisipan.

“Korea Selatan merupakan salah satu negara mitra perdagangan utama Indonesia. Investasi dari Korea Selatan pun tumbuh sesuai arah kebijakan Presiden Joko Widodo terkait transformasi ke hilirisasi industri. Investasi didominasi oleh industri barang dari kulit dan alas kaki, industri kendaraan bermotor, industri elektronik, industri logam dasar, serta industri kimia dan farmasi,” jelas Agus Gumiwang.

Menperin mengharapkan, kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan dapat terus tumbuh dan kedua belah pihak dapat terus berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya sektor industri pengolahan di kedua negara.

“Kami yakin bahwa hubungan dan persahabatan kedua negara dapat semakin erat ke depan, khususnya dalam kemitraan dan kolaborasi di sektor industri pengolahan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan bagi masing-masing negara,” ujar Menperin.

Standard Post with Image
Industri

Pemerintah Pertahankan Daya Saing Industri Nasional

bprnews.id - Perekonomian yang masih kuat menjadi penguatan output sektor manufaktur, Juni 2023 Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia berada pada pertahanan di level positif ekspansi sebesar 52,5 , Maka dari itu permintaan dalam negri pun meningka.

“Dengan dilepaskannya status pandemi menjadi endemi, kegiatan perekonomian sudah menjadi normal. PMI meningkat menjadi 52,5, dan kita sudah 22 bulan terturut-turut di atas 50, jadi ini sifatnya ekspansif. Indeks Kepercayaan Industri (IKI) pada Juni 2023 mencapai 53,94 atau meningkat 3,03 poin dibandingkan bulan lalu yang sebesar 50,90,” jelas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Economic Update CNBC Indonesia, dari Jakarta Pusat, Senin (10/07/2023).

Berdasarkan data dari Kementerian Investasi/BKPM,  Pada tahun pertama 2023 total investasi pengelolahan industri mencapai 42,5 % dan meningkat lagi sebanyak 32,5 %.Pengelolahan sektor industri keseluruhan mencapai 18,57%, dan subsektor yang menjadi kontributor terbesar yakni industri makanan dan minuman sebesar 6,47%.

Menko Airlangga juga mengatakan perkembangan industri ini akan meningkatkan kapasitas ekspor produksi tekstil dan pakaian  dari indonesia. Tetapi untuk meningkatkan ekpsor juga ada hambatanya seperti perdagangan bea masuk, yang tinggi harus dikurangi.

Selain itu, juga harus melihat competitive advantage lain yang bisa dioptimalkan Indonesia, semisal dari sektor pembiayaan, iklim tenaga kerja, sampai ketersediaan dan kedalaman struktur bahan baku. “Indonesia sedang berkonsentrasi untuk menyelesaikan EU-CEPA sehingga diharapkan pasar akan lebih terbuka. Dalam IPEF juga pada pilar pertamanya membahas fasilitasi perdagangan. Pemerintah berharap hambatan di negara-negara itu bisa dikurangi,” ungkap Menko Airlangga.

Menkro Airlangga menjelaskan bahwa indonesia sedang mempersiapkan langkah mengamankan rantai pasok. Ketika awal pandemi Covid-19 dua tahun lalu indonesia bergantung pada Tiongkok mengakibatkan kenaikan harga komoditas  yang sangat tinggi.

“Yang paling penting adalah critical mineral, termasuk untuk memproduksi baterai berbasis nikel. Ke depan, (critical mineral) tidak hanya untuk mobilitas, tapi juga untuk energi terbarukan yang nantinya akan mengandalkan pada ketersediaan baterai, dan itu akan jadi kekuatan utama Indonesia,” jelas Menko Airlangga.

Terjadinya disrupsi pada rantai pasok Tiongkok, Menjadikan Indonesia dilirik untuk pembangunan pabriknya untuk memproduksi critical mineral atau critical parts untuk rantai pasok tersebut.

“Tentu ini yang didorong Pemerintah untuk memberikan iklim yang lebih sehat kepada Kawasan Industri, Kawasan Ekonomi Khusus, ataupun Zona Perdagangan Bebas, ini tentu disiapkan untuk menjadi basis rantai pasok global. Ini untuk menarik rantai pasok yang tadinya ada di Tiongkok ke Indonesia,” tutur Menko Airlangga

Indonesia menunjukan resilensi dari sektor industri dengan mengekspor kendaraan mendekati 4000 ribu unit ke lebih dari 80 negara. Hal ini karena pemerintah indonesia mendorong industri nasional semakin maju, karena proyeksinya jangka panjang atau lebih dari 10 tahun ke depan.

“Tinggal kita bangun satu lagi agar menjadi basis produksi EV. Alhamdulillah, mereka semua (investor) optimis atas investasi yang dibangun di Indonesia. Ini membuktikan bahwa basis produksi di Indonesia adalah cost competitive, karena kita punya biaya energi atau listrik yang efisien, termasuk juga biaya gas, karena itu jadi bagian dari daya saing industri kita (dibandingkan yang lain),” pungkas Menko Airlangga.

 

 

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News