UMKM


Menteri Perdagangan RI Mendag Akan Memprioritaskan Pembinaan UKM

Standard Post with Image

Bprnews.id - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kembali menegaskan komitmennya untuk memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan mengembangkan sistem empat pilar yang fokus pada kerja sama UMKM dengan pasar atau 'marketplace' lokal, ritel modern, lembaga perbankan, dan ekspor pembiayaan.

Dalam Rapat Kerja Daerah dan Rapat Koordinasi Daerah serta Temu Bisnis UMKM di Semarang, Jawa, Hasan menekankan pentingnya kolaborasi, kehadiran pemerintah, marketplace, ritel modern, dan perbankan untuk membentuk sistem tersebut.

Turut hadir Ketua PW Muhammadiyah Jateng Tafsir, serta Ketua PW Aisyiyah Jateng Eni Winaryati. Hadir mendampingi Mendag Zulkifli yaitu Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim dan Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga Fajarini Puntodewi.

"Jadi, kata kuncinya adalah kerja sama. Pemerintah harus hadir, marketplace harus hadir, ritel modern harus hadir, perbankan harus hadir sehingga ekosistemnya terbentuk," kata Mendag Zulkifli dalam Rapat Kerja Wilayah - Rapat Kordinasi Wilayah dan Temu Bisnis UMKM Lembaga Pengembang (LP) UMKM Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa tengah di Semarang, Jawa Tengah, pada Sabtu, 7 Oktober 2023.

Menurutnya, UMKM kalau hanya berjualan secara luring akan kalah karena zamannya sudah berbeda. Karena itu, harus bergabung dengan marketplace.

"Selanjutnya, marketplace akan melatih UMKM dalam hal misalnya peningkatan kualitas kemasan dan pemasaran. Dengan pelatihan tersebut, kualitas dan produktivitas UMKM dapat meningkat," ujarnya.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News