UMKM


Pj Gubernur Sumut Luncurkan Aplikasi Simitrasumut.com untuk Mendorong Kemitraan UMKM

Standard Post with Image

Bprnews.id - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, secara resmi meluncurkan aplikasi Simitrasumut.com. Aplikasi ini diharapkan menjadi sarana yang sangat berharga dalam memfasilitasi keterhubungan dan kerja sama antar-UMKM serta pihak terkait lainnya dalam ekosistem bisnis di Sumut.

“Platform ini, kami percaya akan menjadi sarana yang sangat berharga. Kehadiran Simitrasumut.com adalah langkah positif dalam mendukung pertumbuhan dan pengembangan UMKM. Melalui platform ini UMKM akan memiliki akses mudah untuk berbagi informasi, berkolaborasi, dan mengakses sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja dan daya saing bisnis,” ungkap Pj Gubernur Sumut pada acara Kick Off Sumut Linkpreneur.

Peluncuran aplikasi ini menjadi langkah inovatif dari Pemprov Sumut melalui Dinas Koperasi dan UMKM Sumut, bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), untuk mendorong kolaborasi antar-UMKM dan stakeholder lainnya guna memperkuat ekosistem bisnis lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pj Gubernur menyatakan kesiapannya untuk memberikan dukungan penuh bagi pengembangan program kemitraan usaha ini, termasuk dalam bentuk kemudahan berusaha dan pemberian insentif fiskal bagi pelaku usaha yang bermitra.

Ketua Umum Apindo, Shinta Widjaja Kamdani, menyambut baik peluncuran aplikasi Simitrasumut.com ini sebagai langkah luar biasa, yang pertama kali dilakukan di Indonesia. Dia berharap Sumut dapat menjadi inisiator awal dalam memfasilitasi lebih banyak pelaku UMKM.

Dalam platform aplikasi Simitrasumut.com, terdapat 6 fitur utama yang diharapkan dapat memfasilitasi koperasi dan UMKM untuk bermitra dengan pelaku usaha besar dan stakeholder lainnya. Fitur-fitur tersebut mencakup profil koperasi dan UMKM, rekomendasi mitra potensial, komunikasi, forum diskusi, promosi produk dan jasa, serta peta lokasi pelaku usaha.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sumut, Naslindo Sirait, menjelaskan bahwa aplikasi Simitrasumut.com bertujuan untuk menjawab berbagai persoalan yang dialami UMKM, mulai dari permodalan hingga pemasaran.

Dengan diluncurkannya aplikasi ini, diharapkan kontribusi UMKM semakin meningkat bagi perekonomian Sumut, mengingat pentingnya kemitraan antara UMKM dan pelaku usaha besar dalam mengembangkan ekonomi daerah.

Peluncuran aplikasi Simitrasumut.com dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Ketua Apindo Sumut, pimpinan perguruan tinggi, dan para pelaku UMKM. Semua pihak berharap bahwa aplikasi ini dapat menjadi tonggak penting dalam pengembangan ekosistem bisnis di Sumut, serta memajukan sektor UMKM untuk keberlanjutan ekonomi daerah.

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News