UMKM


Presiden Jokowi Puji Kemasan Produk UMKM Sumatera Utara

Standard Post with Image

Bprnews.id - Presiden Joko Widodo memberikan pujian kepada produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Provinsi Sumatera Utara karena kualitas kemasannya yang bagus. Hal ini disampaikannya kepada ratusan peserta program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekar) yang dibina oleh Permodalan Nasional Madani (PNM) di Lapangan Limapuluh, Kabupaten Batubara, Sumut.

 

"Packaging-nya sudah bagus-bagus. Seperti ini, keripik tempe merk Bilqis, keripik jahe, susu kambing. Bagus kemasannya, bisa dijual ke mana-mana. Sumatera Utara, saya acungi jempol untuk urusan kemasan," ujar Jokowi, Rabu, 7 Februari 2024, dihadapan peserta yang didominasi ibu-ibu.

 

Menurut Jokowi, produk dengan kemasan bagus akan lebih mudah terjual asalkan harganya bersaing. Dia juga menekankan pentingnya semangat, kerja keras, dan disiplin dalam berwirausaha, sambil membagikan pengalaman pribadinya saat memulai usaha pada tahun 1988.

 

"Jadi, kalau teman-teman saya kerjanya dari jam 06.00 sampai jam 16.00 WIB. Saya dari subuh sampai malam. Itu namanya kerja keras," ungkap Jokowi.

 

Kemudian, Jokowi menyoroti pentingnya disiplin dalam menjalankan usaha, karena hal tersebut akan membentuk karakter entrepreneur. Dia berinteraksi dengan peserta Mekar, bertanya tentang jenis usaha yang mereka jalankan serta omzet yang dihasilkan.

 

Dua peserta, Herlina dan Habibi, yang berjualan es dawet dan bakso goreng, secara penuh semangat menceritakan usaha mereka. Herlina mampu memperoleh keuntungan bersih Rp150.000 setiap hari, sementara Habibi mencatat omzet Rp400.000 per hari dengan keuntungan bersih Rp100.000.

 

Sementara itu, Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin menyambut baik pujian dari Presiden Jokowi, dan menyatakan bahwa Dinas Koperasi dan UMKM telah menyiapkan strategi untuk meningkatkan kualitas daya saing koperasi dan pelaku usaha di daerah tersebut.

 

Acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur PNM Arief Mulyadi, dan Penjabat Bupati Batubara Nizhamul. Jokowi turut menyerahkan bantuan berupa kebutuhan pokok dan sepeda kepada dua pelaku UMKM yang berprestasi.
 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News