UMKM


Sektor UMKM Ditegaskan Sebagai Aset Masa Depan Indonesia

Standard Post with Image

Bprnews.id - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) semakin mendapat perhatian dari berbagai kalangan di Indonesia. Hal ini terutama karena perusahaan-perusahaan tersebut, yang seringkali masih kesulitan mengembangkan usahanya atau menghadapi kendala modal, memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia.

Namun, mereka juga menghadapi tantangan tertentu seperti terbatasnya adopsi teknologi yang masih menggunakan proses sederhana dan kurang efektif sehingga menghambat produktivitas dan efisiensi produksi.

pentingnya usaha UMKM mengikuti perubahan pasar dan teknologi serta mengembangkan strategi bisnis yang kompetitif.

ada lima hal yang bisa dilakukan pelaku UMKM dalam membangun bisnisnya sebagai sumber cuan.

Pertama Banyak tantangan harus dihadapi bagi para pelaku usaha UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di tengah persaingan pasar yang semakin ketat, untuk mempertahankan kualitas produk dan layanan hingga memahami selera pasar, semua ini memerlukan strategi yang tepat dan keahlian khusus.

Kedua Dalam era globalisasi dan digitalisasi ini, konsep bisnis berkelanjutan menjadi abslout bagi setiap bisnis, khususnya untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Dalam konteks ini, UMKM diharapkan untuk mampu menjalankan prinsip bisnis berkelanjutan seperti ramah lingkungan. Elemen penting yang tidak boleh diabaikan dalam pelaksanaannya adalah penggunaan kemasan produk. Mereka harus mempertimbangkan kemasan yang menarik, tetap dengan harga terjangkau, namun dengan prinsip yang ramah lingkungan.

ketiga, berbagai pelaku UMKM secara aktif membangun jejaring dan kerja sama, seperti mencari mitra bisnis, pemasok, untuk memperoleh akses ke pasar dan sumber daya yang lebih besar. Mereka mengambil inisiatif untuk berinteraksi dengan berbagai elemen masyarakat, memungkinkan mereka memahami ide kreatif dan pendekatan inovatif yang dapat diterapkan dalam bisnis mereka.

Ke empat ,yang berkisar pada pemanfaatan teknologi sebagai bagian integral dari upaya pemasarannya. Pemerintah memainkan peran penting dalam aspek ini, dengan menawarkan pelatihan dan lokakarya tentang penggunaan teknologi secara efektif, memastikan akses internet, dan menyediakan perangkat teknologi yang terjangkau.

Ke lima Seiring dengan tumbuh dan berkembangnya UMKM, para pelaku di sektor ini dituntut untuk mampu menjaga dan mengelola keuangan usahanya agar dapat berlanjut dan berkembang pesat. Salah satu hal yang penting dan amat disarankan adalah memiliki perencanaan keuangan jangka panjang. Ini akan memungkinkan mereka mempersiapkan dengan baik setiap barangan atau aset, serta memastikan keuangan bisnis tetap terjaga.

Melalui Tabungan BRI Simpedes terus menghadirkan produk-produk inovatif yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Salah satu produk terobosan tersebut adalah Simpedes Bisa, yang menawarkan tiga fitur utama untuk transaksi, investasi, dan perlindungan. Selain itu, pemegang rekening BRI Simpedes juga berkesempatan memenangkan hadiah utama Program Panen Hadiah Simpedes, sebuah inisiatif unik yang bertujuan untuk mendukung UMKM dalam perjalanan pengembangan usahanya.

Mulai dari rumah, mobil, sepeda motor, sepeda, hingga televisi, imbalannya berlimpah - dan semuanya ditanggung BRI! Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Ikuti terus program menarik ini yang akan dibuka di setiap cabang BRI di seluruh Indonesia selama setahun ke depan dan temukan cara mudah membuka rekening tabungan BRI Simpedes secara online melalui BRImo.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News