bank umum


Superbank Antusias untuk menghadirkan pemimpin perbankan Digital Korea Selatan ke Indonesia.

Standard Post with Image

Bprnews.id - KakaoBank Corp, salah satu bank digital terkemuka di Korea Selatan, telah mengumumkan niatnya untuk mengakuisisi 10% saham di PT Super Bank Indonesia, bank digital milik Emtek Group dan didukung oleh Singapore Telecommunications dan Grab.

Menurut Channel News Asia, akuisisi ini akan dilakukan melalui penerbitan saham baru, menandai langkah ambisius KakaoBank untuk membina kolaborasi di seluruh kawasan ASEAN.

"KakaoBank akan menciptakan masa depan keuangan dengan berkolaborasi dengan mitra-mitra besar di Asia Tenggara untuk bersama-sama membangun platform teknologi keuangan seluler, dimulai dengan Superbank di Indonesia," kata Yun, dikutip dari Channel News Asia, Selasa (10/10/2023)


Dalam dunia perbankan modern, Superbank telah menjadi pemimpin, dikelola melalui cekatan oleh Emtek Group, Grab, aplikasi super Asia Tenggara, dan SingTel, perusahaan telekomunikasi terkemuka asal Singapura. Pemegang ketiga saham ini menguasai 32,5% dari total saham Superbank.

Kemunculan Superbank sebagai nama baru dari Bank Fama, yang telah menjalani transformasi signifikan setelah akuisisi saham $70 juta oleh Singtel dan Grab pada Januari lalu, menandai era baru dalam layanan keuangan berbasis digital.Penyamaan nama ini juga bertujuan untuk memperluas penawaran keuangan bank.

Superbank Indonesia telah merilis laporan keuangan tengah tahun untuk semester pertama tahun 2023, dan sayangnya hasilnya tidak sepositif yang diharapkan oleh para pelanggan. Bank tersebut mencatatkan kerugian sebesar Rp 112,92 miliar, turun tajam dibandingkan laba bersih periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 2,10 miliar.

Berdasarkan laporan bank umum, kerugian ini terutama disebabkan oleh peningkatan beban operasional lainnya sebesar 439,44% year-on-year, naik menjadi Rp 247 miliar pada Juni 2023 dari Rp 45,79 miliar pada tahun sebelumnya.

CEO Superbank, Tigor M. Siahaan, tetap berharap, dengan menyatakan bahwa kemitraan dengan KakaoBank akan memperkuat kemampuan bank dan mendekatkan misinya untuk melayani kebutuhan keuangan masyarakat yang tidak mempunyai rekening bank, dengan fokus pada segmen UMKM dan ritel. Beliau dengan hangat menyambut KakaoBank sebagai pemegang saham strategis dan menantikan penggunaan keahlian mereka untuk memberikan solusi keuangan inovatif kepada konsumen Indonesia.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News