bank umum


Survei pembiayaan korporasi dan penyaluran kredit Perbankan BI menurun

Standard Post with Image

Bprnews.id - Survei Permintaan dan Penawaran Pembiayaan Perbankan BI menunjukkan penurunan pembiayaan korporasi pada November 2023. Hal tersebut tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pembiayaan korporasi mencapai 14,9%, menurun dari bulan sebelumnya yang sebesar 15,7%.

Pertumbuhan kebutuhan pembiayaan korporasi terutama didorong oleh peningkatan kebutuhan pada sektor konstruksi, yang naik menjadi 2,7% pada November dari yang sebulan sebelumnya 1,0%.

Kebutuhan pembiayaan industri pengolahan turun menjadi 1,8% dari sebelumnya 3,1% pada bulan Oktober, disebabkan oleh lemahnya permintaan domestik.

Sumber pembiayaan korporasi utamanya berasal dari dana sendiri, yang meningkat menjadi 63,9% pada bulan November dari yang sebelumnya sebesar 63,2%. Pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarik, pinjaman/utang dari perusahaan induk, yang turun jadi 7,4% dari yang sebelumnya 8,5%, serta pembiayaan dari perbankan dalam negeri yang turun menjadi 4,6%

Di samping itu, Penyaluran kredit baru oleh perbankan pada November 2023 mengalami perlambatan dengan SBT sebesar 70,4%, turun dari bulan sebelumnya yang mencapai 82,1%. Perlambatan ini dipengaruhi oleh faktor seperti permintaan pembiayaan dari nasabah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta tingkat persaingan usaha dari bank lain.

Berdasarkan kategori bank  Perlambatan penyaluran kredit baru diprakirakan terjadi pada bank umum, yang turun sebesar 68,5% pada November 2023. Sementara itu, penyaluran pembiayaan oleh bank umum syariah (BUS) dan bank pembangunan daerah (BPD) diprakirakan meningkat menjadi masing-masing 100% dan 75,9% pada bulan November.

Adapun Penyaluran kredit baru diprakirakan akan meningkat pada Desember 2023, terindikasi dari nilai SBT prakiraan penyaluran kredit baru Desember 2023 sebesar 88%. Peningkatan kredit baru diprakirakan terjadi pada seluruh kategori bank kecuali bank syariah.

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News