bank umum


Terbongkar alasan kenapa Bank Mandiri Lepas Seluruh Saham di AXA

Standard Post with Image

Bprnews.id - Sebuah langkah signifikan, lembaga keuangan terkemuka di Indonesia, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), menjadi berita utama setelah mengumumkan keputusannya untuk melepas seluruh kepemilikan sahamnya di PT AXA Insurance Indonesia. Divestasi tersebut terdiri dari 138.000 saham yang mewakili 20% dari modal ditempatkan dan disetor. Transaksi penting ini, yang dikukuhkan pada hari Rabu, 4 Oktober 2023.

Dalam perkembangan yang signifikan, 'Bank Pelat Merah' telah mengalihkan seluruh sahamnya di perusahaan asuransi umum yang dulu bernama PT Mandiri AXA General Insurance kepada Anil Panjwani dan Manoj Ramkrashin Tolani. Masing-masing mendapat 69.000 saham atau setara 10% dari modal ditempatkan dan disetor. Menariknya keduanya tidak memiliki afiliasi dengan Bank Mandiri.

Di bidang transparansi perusahaan, Sekretaris Perusahaan BMRI Rudi As Aturridha baru-baru ini merinci transaksi penting yang menandai perubahan strategis di Grup Bank Mandiri.

Langkah ini dilakukan dengan melakukan pengalihan saham yang bertujuan untuk memperkuat konsolidasi anak perusahaan dalam grup agar dapat memperoleh hasil investasi yang optimal.Hal ini mengikuti preseden pada November 2018 ketika Bank Mandiri mendivestasi 40% saham Mandiri AXA General Insurance.

"Kita melihat ROI tidak terlalu besar rasanya buat kita seperti disampaikan awal namanya merger, akuisisi atau joint venture itu harus memberikan ROI yang baik. Kita lihat ya sudahlah kita pull out saja dari sini. Jadi kepemilikan 60% kita jual AXA secara bertahap," jelasnya tiga tahun lalu.

Meski telah melakukan divestasi penuh, Bank Mandiri menyatakan bahwa pihaknya tidak mengakhiri kerjasama bancassurance dengan AXA.

"Penting untuk dicatat bahwa Transaksi ini juga tidak akan mengakhiri kerjasama bancassurance oleh Perseroan dengan Axa dan juga tidak memiliki dampak terhadap seluruh kerjasama di antara Perseroan dengan AXA Group melalui PT AXA Mandiri Financial Services yang bergerak pada bidang asuransi jiwa," jelas Corporate Secretary BMRI Rudi As Aturridha dalam keterangan resminya.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News