UMKM


UMKM Binaan Pertamina Raup Transaksi Penjualan Rp1,3 Miliar di Inacraft 2024

Standard Post with Image

Bprnews.id - Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan PT Pertamina (Persero) berhasil meraih transaksi penjualan senilai Rp1,3 miliar pada hari kedua gelaran Inacraft 2024, yang diselenggarakan pada 29 Februari 2024.

"Keikutsertaan 29 UMKM binaan Pertamina dalam Inacraft 2024 merupakan langkah penting dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal, agar produk UMKM semakin berkembang dan berdaya saing, serta go global ke pasar internasional," kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso.

Salah satu UMKM yang mencuri perhatian pengunjung, terutama dari luar negeri, adalah Menday Craft. Eva Harliah, pemilik Menday Craft, mengungkapkan bahwa produk unggulannya, tikar anyaman pandan, menjadi produk terlaris di acara tersebut.

"Tikar pandan ini menjadi rebutan pengunjung mancanegara karena keunikan anyaman tangan langsung tanpa sentuhan mesin," ujar Eva.

Di antara UMKM lainnya, seperti Muria Batik Kudus dan Joglo Ayu Tenan, juga meraih perhatian yang signifikan. Muria Batik Kudus, milik Yuli Astuti, berhasil menjual batik klasik dan kain bordir yang diminati oleh banyak pengunjung, termasuk pembeli dari Malaysia.

Sementara itu, Joglo Ayu Tenan, UMKM asal Yogyakarta, menarik perhatian diaspora dari Beijing, Tiongkok, dengan produk Totebag Benaru (natural dye batik), headband batik tulis, dan perhiasan etnik yang ramah lingkungan.

"Alhamdulillah, produk-produk kami diminati owner Warisan Roemah Indonesia, Vini Dharmawan, buyer diaspora asal Beijing. Kami segera mengirimkan sampel produk dan kami juga diundang mengikuti pameran di Beijing," kata Rahayu, pemilik Joglo Ayu Tenan.

Inacraft 2024, pameran kerajinan terbesar di kawasan Asia Tenggara, berlangsung selama 5 hari sejak 28 Februari 2024 hingga 3 Maret 2024, dengan target dihadiri oleh 10 ribu pengunjung.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News