bank umum


BCA Syariah Dorong Nasabah Tunaikan Zakat Melalui Layanan Digital

Standard Post with Image

BPRNews.id - PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) mendorong nasabahnya untuk menunaikan zakat dengan lebih mudah melalui akses layanan digital, seperti fitur autodebet dan mobile banking BCA Syariah.

Direktur BCA Syariah, Ina Widjaja, menjelaskan bahwa fitur autodebet tersedia di produk simpanan seperti tabungan, giro, dan deposito. Fitur ini akan ditawarkan oleh customer service saat nasabah membuka rekening di BCA Syariah.

"Autodebet itu sistem yang menurut saya cukup baik dan fleksibel. Mengingatkan pada para nasabah bahwa zakat itu bisa diberikan setiap bulan tanpa harus dia berpikir 'apakah saya sudah bayar zakat atau belum'," ujar Ina dalam acara media gathering di Jakarta, Selasa.

Dengan fitur autodebet, Imbal Hasil yang diperoleh nasabah setiap bulan di produk simpanan akan dilakukan debet otomatis sebesar 2,5 persen, sehingga nasabah tidak perlu khawatir lupa menunaikan zakat.

"Jadi semakin banyak dia (nasabah) menaruh dana di BCA Syariah, maka imbal hasilnya akan makin besar, otomatis zakat yang diberikan juga akan makin besar," tambahnya.

Selain fitur autodebet, nasabah BCA Syariah juga dapat membayar zakat melalui e-channel BCA Syariah Mobile dan Klik BCA Syariah, memungkinkan mereka untuk melakukan transfer zakat kapan pun dan dimanapun.

Corporate Secretary BCA Syariah, Nadia Amalia, menyatakan bahwa transfer zakat melalui mobile banking menjadi cara yang paling populer di antara nasabah BCA Syariah, dengan sekitar 90 persen transfer zakat yang masuk ke rekening Lembaga Amil Zakat (LAZ) berasal dari mobile banking BCA Syariah, dimana hampir 60 persen di antaranya adalah nasabah perempuan.

Ina menambahkan bahwa jumlah nasabah yang menggunakan fitur autodebet untuk menunaikan zakat telah mencapai sekitar 6 ribu nasabah. BCA Syariah akan terus berupaya meningkatkan kesadaran nasabah untuk memanfaatkan fitur autodebet agar jumlah pengguna layanan ini dapat meningkat.

Total transaksi zakat di BCA Syariah, baik melalui autodebet maupun mobile banking, diperkirakan mencapai sekitar Rp300 juta setiap bulan sepanjang tahun 2023.

Pada kesempatan yang sama, BCA Syariah menyerahkan dana zakat nasabah kepada salah satu LAZ yang bekerja sama, yaitu Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Menurut Ina, penyerahan dana zakat ini adalah bentuk tanggung jawab perseroan dalam menyalurkan dana zakat nasabah kepada yang berhak, dengan bermitra bersama Baznas RI yang memiliki kredibilitas dalam mengelola dana zakat secara nasional untuk meningkatkan perekonomian para mustahik.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News