BPR


BPR Diharapkan Tingkatkan Ekonomi Usaha Mikro Kecil

Standard Post with Image

BPRNews.id - Kepala OJK Jabodebek dan Provinsi Banten, Roberto Akyuwen, mengatakan bahwa Bank Perekonomian Rakyat (BPR) diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian, terutama bagi pelaku usaha mikro kecil.

"Laporan BPR dan BPRS saat ini sangat menggembirakan meski ada beberapa yang mengalami kendala dalam memenuhi modal inti. Tetapi BPR yang sudah berjalan diharapkan terus melakukan terobosan dengan bantuan permodalan untuk meningkatkan ekonomi pelaku usaha," ujar Roberto dalam acara peresmian kantor BPR Bank Dassa di BSD Serpong Tangerang, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa potensi di wilayah Banten, terutama Tangerang Raya, sangat besar. Dengan berbagai inovasi dan terobosan oleh BPR dan BPRS, diharapkan akan memberikan dampak positif, baik dalam hal pendapatan maupun layanan nasabah.

Roberto mengatakan bahwa untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Provinsi Banten yang diawasi oleh pihaknya, terdapat 205 BPR dan BPRS.

"Lakukan inovasi untuk memberikan kemudahan kepada nasabah, terutama di bidang digital," ujarnya.

Presiden Director Bank Dassa, Pahala David Pandjaitan, mengatakan bahwa saat ini sedang disiapkan aplikasi yang berisi berbagai kanal informasi untuk memudahkan nasabah, seperti cek saldo dan layanan lainnya.

Upaya digitalisasi ini didukung oleh Teradata sebagai core banking-nya. Ini adalah bagian dari upaya inovasi terkait perkembangan teknologi informasi.

"Rencananya kita luncurkan pada bulan September. Sekarang sedang dalam proses uji coba internal," katanya.

BPR Bank Dassa memiliki 1.800 nasabah dengan 400 kreditur, yang sebagian besar adalah pelaku usaha mikro kecil. Hingga semester satu, BPR Bank Dassa telah menyalurkan kredit senilai Rp140 miliar.

"Target nilai kredit yang kita salurkan selama tahun 2024 ini mencapai Rp189 miliar dengan pendapatan mencapai Rp4 miliar," ujarnya.

 

BPR
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News