BPR


BPR Karimun Salurkan Pinjaman Tanpa Bunga 0% Bagi UMKM

Standard Post with Image

Bprnews.id - Bank perkreditan rakyat daerah karimun, menjadi berita utama sejak Juni lalu karena program Kredit Usaha Rakyat (Kurda), yang menawarkan pinjaman dengan suku bunga 0 persen.

Inisiatif luar biasa ini diarahkan untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karimun. Langkah berani yang diambil oleh bank ini membuka jalan bagi perusahaan-perusahaan untuk berkembang dalam perekonomian lokal.

Iyo King Siang, Direktur PD BPR Karimun, memberikan wawasan mengenai keseluruhan proses dan bagaimana hal tersebut berdampak positif terhadap lanskap bisnis di wilayah tersebut.

” Alhamdulillah, hingga sekarang sudah ada 35 debitor dari pelaku UMKM yang memanfaatkan Kurda dengan 0 persen. Sehingga, debitor hanya membayar pokoknya saja,” terangnya, Rabu (18/10).

Ia mengatakan, program ini bertujuan untuk memanfaatkan Kurda bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) hingga Rp10 juta. Program ini menawarkan limit pendanaan mulai dari Rp1 juta hingga Rp10 juta, dengan jangka waktu cicilan 6 bulan, 12 bulan, dan 18 bulan.

” Dan, ini akan bertambah terus bagi pelaku UMKM yang ingin memanfaatkan dana Kurda dengan bunga 0 persen. Dimana, bunga tersebut nanti akan ditanggung oleh Pemerintah Daerah Karimun,” ungkapnya.

Masih kata Iyo King, dalam membantu usaha kecil dan menengah (UMKM) dengan menyederhanakan prasyarat yang biasa, di antaranya adalah persyaratan agunan. Artinya, para pelaku UMKM harus benar-benar serius dalam mengembangkan usahanya. Termasuk para pelaku UMKM yang belum mengantongi Nomor Induk Berusaha (NIB).

” Nah, ada juga pelaku UMKM yang sudah meminjam dana KUR di bank lain. Maka, secara otomatis tidak dapat lagi. Agar, pelaku UMKM tidak berat membayar angsurannya ketika mereka telah meminjam dana KUR. Intinya, pelaku UMKM yang kita bantu harus benar-benar tidak meminjam dana KUR ditempat lain,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya membantu para pelaku UMKM untuk proses pembayaran angsuran disederhanakan secara signifikan, memberikan solusi tepat kepada para pelaku UMKM melalui aplikasi mobile bernama Tomans, yang dapat diunduh di ponsel pintar. Hanya dengan beberapa klik, pembayaran dapat dilakukan dengan mudah memberikan kemudahan dan efisiensi.

” Rata-rata pelaku UMKM memanfaatkan dana Kurda Rp10 juta dengan jangka waktu pinjaman 12 bulan,” ucapnya.

Bpr
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News