BPR


BPR Sembada dan BPR Varia Tingkatkan Literasi Keuangan di Kalangan Generasi Muda

Standard Post with Image

BPRNews.id - Dalam upaya meningkatkan literasi keuangan dan menyebarluaskan pentingnya pengelolaan keuangan, BPR Sembada dan BPR Varia, bekerja sama dengan Perbanas Institute Bekasi, menyelenggarakan seminar literasi keuangan bertema “Generasi Muda Cerdas dan Bijak dalam Mengelola Keuangan”. Seminar ini mendapat sambutan positif dari mahasiswa dan mahasiswi Perbanas Institute yang memiliki ketertarikan khusus dalam bidang keuangan.

Direktur Utama PT BPR Multi Sembada Dana, Sandi Brata Simanjuntak, mengungkapkan bahwa tantangan utama yang dihadapi generasi muda saat ini bukan hanya dalam hal pendidikan dan pekerjaan, tetapi juga dalam literasi keuangan. "Masalah utama bukan bagaimana mereka mendapatkan pendidikan dan pekerjaan, tetapi kurangnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan di masa depan, meskipun teknologi sudah sangat membantu," jelasnya.

Sandi menyoroti bahwa banyak anak muda menghadapi dilema terkait pengeluaran yang sering kali tidak digunakan untuk kebutuhan utama, sehingga terjerat pinjaman online (pinjol). "Pengelolaan pengeluaran sangat penting, tetapi lebih penting lagi adalah bijak dalam mengelola hutang," kata Sandi. Ia menambahkan, "Hutang bisa menjadi alat yang baik jika digunakan untuk tujuan produktif, bukan konsumtif."

Direktur Utama PT BPR Varia Centralartha, Paulus Rasubala, menambahkan bahwa berdasarkan survei, sekitar 70 persen masyarakat Indonesia belum terlayani oleh lembaga keuangan formal. "Banyak masyarakat masih mengelola keuangan dengan cara tradisional, seperti menyimpan uang di rumah, padahal ada banyak metode yang lebih aman," ujarnya. Paulus berharap seminar ini dapat memperkenalkan berbagai sumber investasi untuk pengembangan keuangan.

"Dengan adanya edukasi ini, masyarakat diharapkan lebih paham dan mampu mengelola keuangan mereka untuk kebutuhan yang penting, sehingga tidak beralih ke pinjol," kata Paulus. Ia juga menjelaskan bahwa BPR Varia dan BPR Sembada memiliki fungsi yang mirip dengan bank umum dalam menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat.

"Tujuan utama dari edukasi keuangan ini bukan hanya untuk meningkatkan pendapatan bank, tetapi juga untuk mensosialisasikan pentingnya pengelolaan keuangan yang baik kepada masyarakat," tutup Paulus.

 

BPR
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News