bank umum


BPR Sentral Mandiri Bekasi Membuka Program Pembiayaan Mikro Berkelanjutan

Standard Post with Image

Bprnews.id - BPR Sentral Mandiri di Bekasi baru-baru ini mengumumkan peluncuran inisiatif kesadaran ESG (Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola) yang diberi nama "Upaya Keberlanjutan Dimulai dari Saya!".

Inisiatif ini bertujuan untuk mendorong budaya keberlanjutan di pasar ritel dan UMKM di seluruh provinsi Indonesia.

Trie Wahyuningsih, CEO BPR Sentral Mandiri, menjelaskan bahwa melalui inisiatif ini, perusahaan berkomitmen untuk memberdayakan nasabah ritel dan UMKM agar dapat menerapkan praktik berkelanjutan. Dia menekankan pentingnya peran para nasabah dalam mendorong perubahan positif dalam lingkungan dan masyarakat.

"Dalam BSM, kami percaya bahwa kesadaran dan upaya ESG harus meresap dan inklusif," kata Trie Wahyuningsih dalam keterangan tertulisnya pada Senin (22/4).

Program Pembiayaan Mikro Berkelanjutan yang baru diluncurkan bertujuan untuk memberikan insentif kepada nasabah pinjaman mikro yang mengikuti pelatihan kesadaran ESG. Program ini menawarkan persyaratan yang lebih menguntungkan, termasuk suku bunga yang lebih rendah dan jangka waktu pembiayaan yang lebih panjang, sebagai bukti komitmen BSM terhadap keuangan berkelanjutan.

Selain itu, BSM juga telah mengadakan serangkaian webinar Pendidikan dengan fokus pada peningkatan kesadaran tentang prinsip dan praktik manajemen ESG. Kerjasama dalam webinar ini melibatkan perusahaan Singapura, CER Consultancy Pte Ltd, dan PT Verde Kinetika Indonesia (VKI) sebagai mitra teknologi.

Direktur Eksekutif dan Pelatih CER Consultancy menjelaskan bahwa inisiatif ini bertujuan untuk mendidik dan melatih UMKM tentang prinsip-prinsip ESG. Mereka juga siap memberikan konsultasi bagi yang siap mencapai standar ESG, sehingga memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman mikro hijau yang ditawarkan oleh BSM.

"Inisiatif ESG dapat memberikan manfaat bagi UMKM, sesuai dengan persyaratan emisi GRK Cakupan 1 dan 2 sesuai dengan ISO 14064, dan berkontribusi terhadap tujuan inklusi keuangan dalam SDGs," tambahnya.

BSM juga mengucapkan terima kasih kepada Tuv Sud Singapura yang telah memberikan Sertifikat Partisipasi kepada individu dan korporasi setelah selesai sesi webinar dan penilaian.

“Tuv Sud PSB sangat antusias untuk menjadi bagian dari inisiatif CER untuk menciptakan kesadaran ESG di Indonesia,” kata Brandon Lee, Manajer Akademi di Tuv Sud Singapore.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News