BPR


BPR Tawarkan Bunga Simpanan Lebih Tinggi untuk Menarik Nasabah

Standard Post with Image

BPRNews.id - Bank Perekonomian Rakyat (BPR) semakin menarik minat nasabah dengan menawarkan tingkat bunga simpanan yang lebih tinggi dibandingkan bank umum seperti BCA dan Bank Mandiri. Hal ini didorong oleh penetapan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang menetapkan tingkat bunga penjaminan BPR di atas bank umum.

Menurut keputusan LPS, dari 1 Februari 2024 hingga 31 Mei 2024, tingkat bunga penjaminan di bank umum berada di angka 4,25% untuk simpanan rupiah dan 2,25% untuk simpanan valuta asing (valas), sedangkan untuk BPR ditetapkan sebesar 6,75%. Artinya, simpanan nasabah di BPR dengan bunga 6,75% tetap dijamin LPS.

Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa, mengungkapkan bahwa bank umum berkompetisi dengan menawarkan suku bunga simpanan tinggi untuk menarik nasabah. Di sisi lain, sejumlah BPR, terutama yang memiliki aset besar, menawarkan suku bunga simpanan di atas rata-rata industri bank umum, namun tetap di bawah tingkat bunga penjaminan LPS.

Ahmad Gozali, seorang Perencana Keuangan, menekankan pentingnya memilih BPR yang memiliki rekam jejak yang baik dan memastikan penempatan dana tidak melebihi batas yang dijamin LPS, yaitu maksimal Rp2 miliar per nasabah per bank.

Berikut adalah penawaran bunga deposito dari beberapa BPR:

1. BPR Eka Bumi Artha: Menawarkan bunga deposito mulai dari 5% hingga 5,25% dengan berbagai tenor dan minimum saldo Rp1 juta.

2. BPR Lestari Bali: Bunga deposito mulai dari 3,75% hingga 5,25% dengan tenor maksimal 3 bulan dan minimum penempatan Rp8 juta.  

3. BPR Surya Yudhakencana: Menawarkan bunga deposito 4% hingga 6,75% dengan pilihan tenor 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan serta minimum penempatan Rp1 juta.

4. BPR Hasamitra: Produk deposito "Si Deka Online" dengan bunga mulai dari 4,75% hingga 6,25% dan minimum penempatan Rp1 juta.

5. BPR Modern Express: Bunga deposito lebih tinggi 2,5% dari bank umum, dengan tenor 1 bulan, 3 bulan, atau 6 bulan, dan minimum penempatan Rp1 juta.

Dengan tingkat bunga yang menggiurkan, nasabah disarankan untuk memastikan keamanan dan kesesuaian tenor penempatan dana dengan kebutuhan finansial mereka.

BPR
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News