BPR


BPRS Malibu: Sukses di Awal Hijrah Operasional, Catat Kinerja Mengesankan

Standard Post with Image

BPRNews.id - PT BPRS Malibu telah memulai perjalanan hijrah operasionalnya dengan langkah yang solid dan mengesankan. Dalam laporan terbaru, lembaga keuangan syariah ini berhasil menunjukkan pondasi kinerja yang kokoh dalam waktu lima bulan pasca-konversi. Diketahui bahwa Total Asset mereka telah mencapai angka yang mengesankan, mencatatkan sejumlah Rp18,4 Miliar. Sementara itu, realisasi Pembiayaan yang berhasil disalurkan mencapai angka Rp12,7 Miliar, dengan Pendanaan mencapai Rp14 Miliar.

"Dalam lima bulan sejak konversi per Desember 2023, kami terus melakukan penyesuaian dan penyempurnaan. Alhamdulillah, kinerja kami telah mencapai titik yang memuaskan pada akhir tahun tersebut. Semua pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak," ungkap Vicky Azhari, Direktur Utama PT BPRS Malibu kepada Padang Ekspres pada Senin (18/3/2024).

Menurut Vicky, kinerja yang dicatat dalam lima bulan pertama pasca-konversi menunjukkan pertumbuhan yang positif, baik dari segi Aset, realisasi Pembiayaan, Pendanaan, maupun pendapatan.

Dari hasil audit akhir tahun 2023, tercatat bahwa Total Asset PT BPRS Malibu mencapai Rp18,4 Miliar, menunjukkan pertumbuhan sebesar 97,31% jika dibandingkan dengan neraca pembuka syariah. Pertumbuhan ini juga turut menggerakkan kenaikan kinerja pembiayaan dan pendanaan.

"Dalam hal pendanaan, kami berhasil menghimpun total sebesar Rp14 Miliar, yang berasal dari Tabungan Wadiah dan Deposito Mudharabah. Namun, realisasi pembiayaan masih belum dapat dibandingkan dengan data tahun sebelumnya karena keterbatasan data," tambah Vicky.

Sementara itu, realisasi Pembiayaan PT BPRS Malibu dalam lima bulan pertama pasca-konversi juga menunjukkan tren positif. Total Pembiayaan yang disalurkan mencapai angka Rp12,7 Miliar, dengan kedua produk Pembiayaan yang dimiliki, yaitu Piutang Murabahah dan Piutang Multijasa, menunjukkan pertumbuhan yang menggembirakan.

"Mudah-mudahan di tahun 2024, kinerja pembiayaan ini terus merangkak naik," harap Vicky.

Positifnya kinerja pembiayaan juga berdampak pada pendapatan operasional, yang mencapai angka Rp1,2 Miliar dalam lima bulan pasca-konversi. Meskipun belum dapat dibandingkan dengan data tahun sebelumnya, pencapaian ini menunjukkan potensi yang besar bagi PT BPRS Malibu di masa mendatang.

Dengan demikian, PT BPRS Malibu membuktikan diri sebagai salah satu BPR di Kabupaten Tanahdatar yang mampu mengatasi tantangan migrasi operasional dari sistem konvensional ke syariah. Kinerja mengesankan dalam lima bulan pertama ini menjadi landasan yang kuat untuk pertumbuhan di masa depan.

"Atas nama manajemen, kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung. Semoga pencapaian awal ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berkembang ke arah yang lebih baik. Dukungan dari semua pihak akan sangat kami perlukan untuk mewujudkan hal tersebut," tutup Vicky Azhari.

BPR
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News