REGULATOR


BPS Gandeng OJK Untuk Rampungkan Survei Inklusi Keuangan Bulan Ini

Standard Post with Image

BPRNews.id - Badan Pusat Statistik (BPS) mendukung pengembangan inklusi keuangan dengan memfinalisasi Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2024. Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, mengungkapkan hal ini kepada wartawan di Jakarta pada Jumat (22/3/2024).

"BPS bekerja sama dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk melaksanakan survei khusus inklusi dan literasi keuangan," ujar Amalia.

Survei tersebut direncanakan akan selesai pada akhir Maret mendatang. Amalia menjelaskan bahwa SNLIK 2024 didesain untuk melihat perkembangan literasi dan inklusi keuangan di tingkat daerah maupun nasional. Survei ini dilaksanakan mulai 17 Januari hingga 5 Februari 2024 di 34 provinsi, mencakup 120 kabupaten/kota, dan delapan wilayah Kantor OJK, dengan total Blok Sensus (BS) sebanyak 1.080.

Perlu dicatat, SNLIK dilakukan setiap tiga tahun oleh OJK sejak tahun 2013 dan yang terakhir dilakukan pada tahun 2022.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Mahendra Siregar, menyatakan bahwa otoritas akan mendorong inklusi keuangan yang berkaitan dengan penggunaan rekening bank serta aktivitas di berbagai sektor keuangan lainnya.

"Kami juga akan meningkatkan aspek pengawasan, penindakan, dan penegakan hukum terhadap kegiatan yang dianggap tidak sesuai dengan standar perilaku atau market conduct yang ditetapkan," katanya.

Selain itu, OJK juga berencana membentuk komite nasional untuk mendukung upaya peningkatan inklusi keuangan di Indonesia. Langkah-langkah ini diharapkan dapat membantu meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di seluruh lapisan masyarakat.

OJK
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News