bank umum


Bank DKI Perkuat Penerapan ESG, Dukung Pembangunan Berkelanjutan dan Raih Penghargaan

Standard Post with Image

Bprnews.id - Perbankan terus memperkuat penerapan prinsip Environment, Social, Governance (ESG) atau lingkungan, sosial, dan tata kelola guna mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Upaya ini tak hanya terbatas pada operasional perusahaan, tetapi juga mencakup sektor pembiayaan.

Langkah-langkah ini sejalan dengan inisiatif pemerintah untuk mencapai nol emisi karbon atau Net zero emission pada tahun 2060 serta mengurangi dampak perubahan iklim yang signifikan.

Bank DKI, sebagai contoh, tengah berupaya menyelaraskan faktor ESG ke dalam keputusan keuangan, termasuk dalam upaya meningkatkan transparansi dalam pelaporan keuangan.

Amirul Wicaksono, Pelaksana Tugas Direktur Utama Bank DKI, menegaskan bahwa bank tersebut memiliki peran penting sebagai agen perubahan dalam mendukung visi keberlanjutan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Bank DKI tak hanya berfungsi sebagai entitas bisnis, tetapi juga memiliki tanggung jawab sebagai pelayan publik dengan menerapkan program keuangan berkelanjutan melalui inovasi produk dan layanan yang mendukung aspek lingkungan, ekonomi, sosial, dan masyarakat," ujar Amirul.

Dalam konteks pembiayaan, Bank DKI juga mencerminkan komitmennya melalui penyaluran kredit ke segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang telah mencapai 10,74% dari total kredit senilai Rp52 triliun hingga akhir tahun 2023.

Arie Rinaldi, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, menambahkan bahwa komitmen Bank DKI dalam menerapkan prinsip ESG juga tercermin dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan, yaitu Jakarta Koperasi Hidroponik (Jakonik).

"Program ini diharapkan memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat sekitar dengan meningkatkan kualitas hidup dan memberdayakan perekonomian lokal. Keberhasilan Jakonik membantu mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan kualitas hidup secara menyeluruh," jelas Arie.

Jakonik kini telah melibatkan 9 kelompok anggota yang tersebar di sembilan wilayah rusun di Jakarta. Para anggota Jakonik telah diberikan pelatihan dan pendampingan untuk memaksimalkan hasil panen serta pengelolaan bisnis hidroponik.

Atas komitmennya dalam menjalankan prinsip ESG, Bank DKI meraih penghargaan dari B-Universe sebagai Pemenang kategori ESG Recognized Commitment.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News