bank umum


Bank Jateng Raih Penghargaan Prestisius dalam TOP BUMD Awards 2024

Standard Post with Image

BPRNews.id - Bank Jateng memperoleh penghargaan bergengsi dalam acara TOP BUMD Awards 2024 yang digelar di Hotel Raffles Jakarta pada Rabu (20/3/2024). Penghargaan tersebut meliputi TOP BUMD Award dengan Predikat Bintang 4 serta TOP CEO BUMD yang diberikan kepada Plt. Direktur Utama Bank Jateng, Irianto Harko Saputro.

Pada acara yang bertemakan "Penguatan Tata Kelola dalam membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD", Pj. Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (Purn) Drs. Nana Sudjana A.S., M.M., juga turut menerima penghargaan sebagai TOP Pembina BUMD 2024.

Wiweko Probojakti, Direktur IT, Konsumer, dan Jaringan Bank Jateng yang mewakili Plt. Direktur Utama Bank Jateng dalam menerima penghargaan tersebut, menyatakan bahwa prestasi ini mencerminkan dedikasi dan komitmen luar biasa Bank Jateng dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

"Dengan penghargaan ini, kami semakin termotivasi untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah," ujarnya.

Irianto Harko Saputro menegaskan komitmen Bank Jateng dalam memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Jawa Tengah melalui layanan dan kinerja yang telah dicapai. Salah satu bentuk kontribusi nyata adalah dalam meningkatkan pendapatan daerah melalui optimalisasi penerimaan Pajak Daerah dengan memanfaatkan Alat Monitoring Pajak.

"Dengan penggunaan 3.972 alat monitoring pajak daerah yang telah tersebar di seluruh wilayah Jawa Tengah, terutama di industri Hotel, Hiburan, Restoran, dan Karaoke (HOREKA), Bank Jateng membantu mempermudah pembayaran pajak," jelas Irianto.

Selain itu, Bank Jateng juga telah mengembangkan layanan digital kepada pemerintah, seperti Cash Management System (CMS) Pemda dan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), yang memudahkan transaksi non-tunai bagi pemerintah desa di Jawa Tengah.

Dalam upaya mengoptimalkan penerimaan pajak kendaraan bermotor, Bank Jateng juga mengembangkan sistem pembayaran pajak secara online melalui aplikasi Sakpole yang terintegrasi dengan kanal pembayaran Bank Jateng.

Bank Jateng juga terus meningkatkan penyaluran kredit kepada sektor usaha produktif, khususnya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pada akhir Desember 2023, penyaluran kredit segmen ritel dan UMKM mencapai Rp15,78 triliun dengan pertumbuhan sebesar 23,38 persen.

"Tentunya, kontribusi Bank Jateng terhadap perekonomian daerah juga tercermin melalui pembagian dividen kepada pemerintah kabupaten, kota, dan provinsi di Jawa Tengah, yang tahun ini mencapai Rp1,099 triliun dari laba bersih tahun 2023 sebesar Rp1,58 triliun," tutup Irianto.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News