bank umum


Danamon Syariah Targetkan Pertumbuhan Kredit 20 Persen di Tahun 2024

Standard Post with Image

BPRNews.id - Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Danamon atau Danamon Syariah menetapkan target pertumbuhan penyaluran pembiayaan atau kredit secara konservatif di tahun 2024, minimal sekitar 20 persen.

"Kami berharap minimal mencapai 20 persen. Situasinya terlihat baik, kami memantau dan yakin bisa mencapai target," ujar Direktur Syariah & Sustainability Finance Bank Danamon, Herry Hykmanto, di Jakarta.

Herry mengungkapkan bahwa kinerja kredit Danamon Syariah pada tahun sebelumnya tumbuh sebesar 25,3 persen secara tahunan (yoy). Dia berharap, kinerja kredit tahun 2024 dapat mencapai pertumbuhan yang sebanding dengan tahun sebelumnya.

Dalam segmen konsumer, pertumbuhan kredit kepemilikan rumah (KPR) syariah mencapai 93 persen yoy pada tahun lalu. Di tahun 2024, Herry menargetkan pertumbuhan kredit KPR secara konservatif, tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

Selain KPR, kinerja pembiayaan kepemilikan kendaraan syariah juga menonjol, terutama selama bulan Ramadhan. Hingga mencapai hampir 50 persen dari total portofolio Danamon Syariah.

Di segmen produktif, pembiayaan untuk usaha kecil menengah (UKM) tumbuh sebesar 20 persen yoy pada tahun lalu. Pembiayaan modal kerja untuk UKM juga ditargetkan tumbuh konservatif di tahun 2024.

Menurut laporan keuangan perseroan, aset Danamon Syariah tumbuh sebesar 25,4 persen pada Desember 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan laba sebesar Rp 164 miliar.

Ketika ditanya mengenai rencana pemisahan (spin off) UUS, Herry menyatakan bahwa saat ini Danamon Syariah berfokus pada penguatan sinergi dan kerja sama dengan induk perusahaan. Dengan aset sebesar Rp12 triliun, Danamon Syariah masih jauh dari ketentuan regulator yang menetapkan minimal aset Rp50 triliun.

"Kami ingin fokus pada sinergi dengan induk perusahaan terlebih dahulu. Bukan prioritas membuat spin off karena masih banyak nasabah Danamon yang membutuhkan layanan syariah," jelas Herry.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News