bank umum


Digitalisasi Menjadi Pendorong Utama Pertumbuhan Ekonomi di Maluku

Standard Post with Image

Bprnews.id - Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Provinsi Maluku, Rawindra Ardiansah, menyatakan bahwa digitalisasi akan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi di Maluku.

"Diperlukan sinergi dan kolaborasi yang baik antara pemerintah daerah, regulator, kementerian dan lembaga, perbankan, pelaku usaha, dan seluruh pihak terkait untuk mewujudkan integrasi ekonomi dan keuangan digital," ujarnya di Ambon, Sabtu.

Pernyataan tersebut disampaikannya dalam acara Moluccas Digifest 2024 di Taman Pattimura, Kota Ambon, yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Maluku.

Ia menjelaskan bahwa Moluccas Digifest 2024 adalah bukti nyata peran BI Provinsi Maluku dalam proses digitalisasi, seperti elektronifikasi bantuan sosial (bansos), transportasi, dan transaksi Pemerintah Daerah (Pemda).

Pada acara tersebut, juga diadakan selebrasi Kick Off Kartu Kredit Indonesia Pemerintah Kota Ambon, elektronifikasi pembayaran parkir kendaraan di Bandara Pattimura, Desa Siap QRIS di Negeri Rutong, dan penerapan kurikulum CBP Rupiah di Provinsi Maluku.

Moluccas Digifest 2024 dilaksanakan pada 8 hingga 9 Maret 2024 dengan berbagai kegiatan dan diskusi dalam rangka Festival Ekonomi Keuangan Digital (FEKDI) 2024.

Selain itu, dalam upaya memperluas penggunaan QRIS, edukasi literasi perlindungan konsumen dan Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah, serta meningkatkan keuangan inklusif, diadakan juga fun games, sosialisasi cinta bangga rupiah, Seminar Perlindungan Konsumen, Lomba Ranking 1, Lomba Running QRIS, Final Lomba Menyanyi Perbankan, mobile legend, tari kreasi, seminar digitalisasi perikanan, dan pertunjukan musik.

Moluccas Digifest 2024 juga menghadirkan pengalaman pembayaran digital oleh perbankan, pojok layanan dan konsultasi bersama OJK, serta showcase 28 UMKM binaan dan mitra KPw BI Provinsi Maluku dalam bidang fashion, makanan, dan kriya, yang menyediakan kanal pembayaran non-tunai QRIS untuk mendorong UMKM naik kelas serta mengakselerasi digitalisasi.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News