bank umum


Intermediasi Bank Sumut Dan Bank Mestika Meningkat

Standard Post with Image

BPRNews.id - Pada Juni 2023, Bank Umum yang berkantor pusat di Sumatera Utara, seperti Bank Sumut dan Bank Mestika Dharma, menunjukkan peningkatan dalam kinerja intermediasi. Kepala OJK Sumatera Utara, Khoirul Muttaqien, menyampaikan bahwa peningkatan ini terlihat dari pertumbuhan positif Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 1,02 persen secara tahunan (yoy) dan penyaluran kredit yang naik sebesar 6,64 persen yoy.

Selain itu, kinerja Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) di Sumatera Utara juga mengalami perbaikan, terutama dalam penyaluran kredit. Per Juni 2024, DPK di BPR/BPRS tumbuh 8,11 persen yoy, sementara penyaluran kredit dan pembiayaan meningkat dengan pertumbuhan dua digit sebesar 9,32 persen yoy.

Khoirul juga menyebutkan bahwa OJK terus berupaya memperkuat BPR/BPRS melalui langkah-langkah seperti merger, konsolidasi, dan akuisisi. Sejak Desember 2020, jumlah bank telah berkurang dari 60 menjadi 51 bank. "Tujuan dari langkah ini adalah untuk memperkuat layanan, permodalan, dan infrastruktur, serta mendukung program konsolidasi pemerintah," ujarnya.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News