UMKM


Kementerian BUMN Dorong Pertumbuhan UMKM sebagai Pendorong Ekonomi

Standard Post with Image

Bprnews.id - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menekankan bahwa pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) akan berperan penting dalam menggerakkan perekonomian Indonesia. Menurut keterangan dari staf ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting, peningkatan kapasitas pelaku UMKM menjadi kunci utama dalam mewujudkan potensi tersebut, yang dapat dicapai melalui pelatihan.

"Dalam pelatihan, diharapkan tiap peserta mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh, agar mandiri dan juga bisnis UMKM semakin maju. Karena jika UMKM tumbuh akan turut mendorong perekonomian Indonesia," kata Loto.

Salah satu inisiatif pelatihan yang disorot adalah program yang digagas oleh BUMN PT Peruri mengenai digital marketing, khususnya pemanfaatan media sosial untuk UMKM. Program ini merupakan bagian dari upaya membangun ekosistem ekonomi digital melalui pembinaan UMKM. Pelatihan kewirausahaan juga dilakukan bagi penyandang disabilitas melalui kerjasama antara Yayasan Kreasi Tuli dengan Generasi Baru Indonesia (GenBI) Universitas Singaperbangsa Karawang.

"Dengan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM, kami yakin perekonomian Indonesia akan semakin berkembang," ungkap Kepala Biro Strategic Corporate Branding & TJSL PT Peruri, Ratih Sukma Pratiwi.

Ratih menegaskan bahwa pelatihan rutin bagi UMKM yang diselenggarakan Peruri di Rumah BUMN Karawang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta menciptakan kesempatan kerja yang produktif dan layak bagi semua orang.

"Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen kami untuk mendorong UMKM agar terus berkembang dan dapat bersaing di pasar global," tambahnya.

Acara pelatihan ini juga sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor 8 yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta menciptakan pekerjaan yang layak untuk semua. Diharapkan, program pelatihan ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan UMKM di Indonesia.

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News