REGULATOR


LPS Optimistis Bank Kecil di Indonesia Dapat Berkembang seperti di Jerman

Standard Post with Image

BPRNews.id - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yakin bahwa perbankan kecil seperti Bank Perekonomian Rakyat (BPR) memiliki potensi besar untuk tumbuh dan berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional. Keyakinan ini diungkapkan oleh Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa, yang terinspirasi oleh kondisi perbankan di Jerman.

"Kami di LPS percaya bahwa bank kecil bisa berperan sangat signifikan dalam menjaga stabilitas ekonomi di Indonesia, seperti halnya di Jerman di mana bank-bank kecil mendominasi," ujar Purbaya saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR RI di Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Purbaya mengungkapkan bahwa industri perbankan di Jerman didominasi oleh bank-bank kecil, yang menguasai 80% pasar. Yang mengejutkan, banyak dari bank-bank kecil tersebut menggunakan prinsip syariah.

"Saya baru tahu ketika ke Jerman pada tahun 2011 bahwa 80% bank di sana dikuasai oleh bank-bank kecil. Ini agak aneh menurut saya, dan mereka bilang mereka lebih syariah dibandingkan Indonesia," tuturnya.

Purbaya menjelaskan bahwa hal ini diungkapkan oleh petinggi bank sentral di Jerman. Bank-bank kecil di Jerman mampu tumbuh subur dengan menggunakan prinsip syariah. "Jika deposito 1%, pinjamannya hanya 1+1, cukup untuk biaya operasional. Dan yang mengelola itu adalah Pendeta," jelasnya.

Dengan dukungan digitalisasi dan dana yang memadai, Purbaya yakin bahwa eksistensi BPR di Indonesia dapat kembali kuat. Sehingga, BPR dapat memperkuat industri perbankan di Indonesia.

"Dari situ saya belajar bahwa ekonomi syariah bisa hidup. Saya belajar dari tempat yang salah, Amerika. Ternyata ada dan bisa hidup," imbuhnya.

Optimisme LPS terhadap bank kecil di Indonesia didorong oleh potensi besar yang dimiliki oleh BPR untuk menjangkau masyarakat yang belum terlayani oleh bank-bank besar. Dengan digitalisasi dan pengelolaan yang efisien, BPR diharapkan dapat berkontribusi lebih besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan memperkuat stabilitas sistem keuangan.

 

LPS
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News