REGULATOR


Langkah Terbaru LPS Resmi buka Kantor Perwakilan di Surabaya

Standard Post with Image

BPRNews.id - Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memperkuat kepercayaan nasabah bank, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah membuka Kantor Perwakilan LPS II di Surabaya. Peresmian kantor ini dilakukan oleh Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa, bersama dengan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono.

Purbaya Yudhi Sadewa menjelaskan bahwa pemilihan Surabaya sebagai lokasi kantor perwakilan LPS didasari oleh pertimbangan bahwa Surabaya adalah salah satu kota besar di Indonesia dengan tingkat pertumbuhan ekonomi dan transaksi bisnis yang tinggi.

"Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu pusat ekonomi di Indonesia. Hal ini terlihat dari porsi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Timur terhadap PDB Indonesia pada Triwulan I-2024 yaitu sebesar 14,45 persen," kata Purbaya dalam keterangan resmi yang dikutip Minggu (2/6/2024).

Purbaya menambahkan bahwa pada Triwulan I-2024, pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur mencapai 4,81 persen secara tahunan. Dari sisi Dana Pihak Ketiga (DPK), per April 2024, DPK perbankan di Provinsi Jawa Timur mencapai Rp 755,61 triliun, atau setara dengan 8,73 persen dari total DPK nasional. Per April 2024, DPK Jawa Timur tumbuh 8,05 persen secara tahunan.

Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, menyatakan bahwa LPS sebagai lembaga yang memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas sistem perbankan harus mampu memberikan jaminan dan perlindungan terhadap simpanan nasabah.

"Dengan memberikan jaminan perlindungan terhadap simpanan, kepercayaan nasabah akan bertambah. Masyarakat merasa aman dan nyaman dalam bertransaksi di bank, sehingga mampu menjaga stabilitas ekonomi di wilayah Jawa Timur," ujarnya.

LPS telah menunjuk Bambang S. Hidayat sebagai Kepala Kantor Perwakilan LPS II di Surabaya, dengan cakupan wilayah kerja yang meliputi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan seluruh wilayah Kalimantan. Kantor Perwakilan LPS di Surabaya berlokasi di Pakuwon Tower Lantai 27, Jalan Embong Malang No. 21-31, Kedung Doro, Kecamatan Tegalsari.

Selain Kantor Perwakilan LPS II di Surabaya, pada tahun ini LPS juga telah membuka kantor perwakilan di dua daerah lainnya, yaitu Kantor Perwakilan LPS I di Medan dan Kantor Perwakilan LPS III di Makassar.

 

LPS
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News