BPR


Menghadapi Isu Bangkrut, Fintech Bantu BPR Hadapi Tantangan Kebangkrutan

Standard Post with Image

BPRNews.id - Industri Bank Perekonomian Rakyat (BPR) sempat diterpa isu kebangkrutan. Bahkan pada tahun 2023, sejumlah BPR terpaksa gulung tikar akibat ketidakmampuan bersaing di pasar. Namun, di tengah isu ini, fintech Komunal justru mengambil langkah strategis dengan menggelar pameran Deposito BPR pertama.

Menurut Co-Founder & CFO Komunal Indonesia, Kendrick Winoto, langkah ini merupakan upaya untuk memperkenalkan dan memperkuat pemahaman masyarakat mengenai deposito BPR sebagai instrumen investasi yang aman dan menguntungkan.

"Tujuannya adalah membantu BPR, terutama dari sisi pendanaan, agar lebih dikenal masyarakat luas, khususnya produk deposito mereka," ujar Kendrick pada Rabu, 5 Juni 2024.

Deposito BPR memiliki beberapa keunggulan, termasuk suku bunga penjaminan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan tingkat keamanannya.

Kendrick menambahkan bahwa masyarakat kini semakin mengenal BPR, yang tercermin dari akumulasi Dana Pihak Ketiga (DPK) di DepositoBPR by Komunal yang mencapai Rp 7-8 triliun.

"Sejak platform BPR dibuka pada 2021 hingga sekarang, dana yang terhimpun telah mencapai Rp 7-8 triliun," ungkap Kendrick.

Vera Rosana, AVP Marketing & Communications Komunal Indonesia, menyatakan bahwa sosialisasi dan edukasi oleh BPR perlu ditingkatkan, terutama di kota-kota tier 1.Dengan demikian, pemahaman dan kepercayaan masyarakat terhadap BPR akan meningkat, mendorong pertumbuhan ekonomi di kota-kota tier 2 dan 3.

"Inisiatif kami untuk memberdayakan BPR adalah dengan membawa BPR dari daerah ke kota-kota tier 1 seperti Jakarta, agar deposan di kota besar dapat mengenal BPR yang kami perkenalkan," jelas Vera.

Komunal BPR Fair diselenggarakan di Atrium Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta Utara pada 5-9 Juni 2024. Acara ini melibatkan empat mitra BPR dan satu mitra BPRS, yaitu BPR Nusumma (Jatim), BPR Pekanbaru Madani Perseroda (Riau), BPR Suryajaya Kubutambahan (Bali), BPR Kirana (Jatim), dan BPRS Artha Madani (Jabar).

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan BPR dapat lebih tangguh menghadapi tantangan dan terus berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

 

BPR
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News