bank umum


Muhammadiyah Diisukan Incar KB Bank Syariah, Ini Tanggapan Induk Usahanya

Standard Post with Image

BPRNews.id - Kabar mengenai potensi akuisisi PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) oleh Muhammadiyah semakin ramai dibicarakan, kali ini organisasi tersebut dikabarkan tertarik untuk mengakuisisi PT Bank KB Bukopin Syariah atau KB Bank Syariah. Menanggapi isu tersebut, induk usaha KB Bank Syariah, yaitu KB Bank, memberikan klarifikasinya.

Wakil Direktur Utama KB Bank, Robby Mondong, menyatakan bahwa pihaknya belum menerima informasi resmi terkait rencana akuisisi tersebut. “Kami belum mendapatkan informasi resmi mengenai hal ini,” ujar Robby pada Rabu (26/6).

Robby menambahkan, apabila informasi resmi telah diterima, pihaknya akan segera mengumumkannya sesuai dengan regulasi keterbukaan informasi yang berlaku. "Kami selalu terbuka terhadap setiap peluang kerja sama dan kolaborasi bisnis," jelasnya.

Ia juga menegaskan bahwa KB Bank Syariah memiliki peran penting dalam memberikan akses layanan perbankan syariah kepada nasabah KB Bank secara keseluruhan. Pada Kuartal I-2024, KB Bank Syariah mencatatkan pertumbuhan kinerja positif dengan membukukan laba bersih sebesar Rp7,3 miliar, yang tumbuh dua kali lipat sebesar 132% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. "Secara aset, KB Bank Syariah terkonsolidasi sekitar 10% dari total aset KB Bank," tambah Robby.

Sementara itu, bahwa saat ini sedang ada pembicaraan tahap awal mengenai minat Muhammadiyah untuk mengakuisisi KB Syariah. Namun, rencana tersebut masih dalam tahap awal dan belum ada kepastian akan terealisasi.

Hubungan Muhammadiyah dengan KB Bank Syariah sendiri terbilang dekat. Salah satu komisaris KB Bank Syariah adalah Abdul Mu’ti, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Secara historis, KB Syariah sebelumnya dikenal sebagai Bank Persyarikatan Indonesia yang didirikan oleh PP Muhammadiyah.

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News