REGULATOR


OJK Gelar Kampanye Nasional GERAK Syariah 2024 di Bulan Ramadhan

Standard Post with Image

BPRNews.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Program Gebyar Ramadhan Keuangan (GERAK) Syariah 2024, mengadakan kampanye nasional keuangan syariah selama Bulan Ramadhan. Ini dilakukan untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak guna mendorong literasi dan inklusi keuangan syariah, memanfaatkan momentum Ramadhan 2024 atau 1445 Hijriah.

Friderica Widyasari Dewi, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK, menyampaikan hal ini dalam pembukaan GERAK Syariah secara virtual pada Rabu, 13 Maret 2024, yang dihadiri oleh 3.000 peserta online dari seluruh Indonesia.

"OJK akan terus berkolaborasi dalam meningkatkan indeks literasi dan inklusi keuangan syariah di Indonesia. Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022, indeks literasi dan inklusi keuangan syariah masih rendah, sehingga perlu upaya bersama untuk memperbaikinya," ujar Friderica.

Friderica juga menyampaikan apresiasi atas upaya para pemangku kepentingan dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah di bulan Ramadhan. Untuk melakukan kampanye keuangan syariah secara massif dan merata, OJK menyelenggarakan GERAK Syariah serentak di 35 kantor OJK di daerah, berkolaborasi dengan PUJKS dan pemangku kepentingan di wilayah kerjanya, termasuk Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS).

GERAK Syariah 2024 akan berlangsung hingga 10 April 2024 dengan dua rangkaian kegiatan utama, yaitu KOLAK (Kajian dan Obrolan Seputar Keuangan Syariah) dan KURMA (Kompetisi Keuangan Syariah di Bulan Ramadan). KOLAK akan diisi dengan kegiatan webinar, podcast, talkshow radio, dan edukasi di media sosial. Sedangkan KURMA terdiri dari berbagai kompetisi dan kuis, seperti Lomba Kultum Keuangan Syariah, Lomba Reels Edukasi Keuangan Syariah, Lomba Hadrah, Lomba Call for Content, dan Kuis Mingguan.

Panitia GERAK Syariah 2024 menyiapkan hadiah dengan total Rp 80 juta, e-certificate, dan berbagai hadiah menarik lainnya. Seluruh rangkaian kegiatan GERAK Syariah 2024 akan di-update melalui kanal media sosial resmi OJK dan Sikapiuangmu.

Kampanye ini merupakan kolaborasi antara OJK dengan para pemangku kepentingan, termasuk Pelaku Usaha Jasa Keuangan Syariah (PUJKS), Asosiasi Pelaku Jasa Keuangan Syariah, Bank Indonesia (BI), Kementerian Agama Republik Indonesia, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Tim Percepatan Keuangan Daerah (TPAKD), media massa, influencer, tokoh agama, dan tokoh penggerak keuangan syariah lainnya.

OJK
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News