REGULATOR


OJK Menargetkan Inklusi Keuangan 2 Juta Orang melalui Gerak Syariah

Standard Post with Image

BPRNews.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menetapkan target ambisius untuk membawa inklusi keuangan syariah kepada 2.074.419 orang melalui pelaksanaan program Gebyar Ramadhan Keuangan Syariah (Gerak Syariah) 2024. Dengan tema "Berburu Berkah Ramadhan Melalui Keuangan Syariah," Gerak Syariah 2024 akan diadakan secara serentak di 35 kantor wilayah OJK.

"Alhamdulillah, tercatat sebanyak 124 rencana kegiatan inklusi dengan total target masyarakat inklusi sebanyak 2.074.419 orang," ungkap M. Ismail Riyadi, Kepala Grup Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah OJK, dalam sebuah konferensi pers di Jakarta pada hari Rabu.

Selain upaya inklusi, OJK juga merencanakan 295 kegiatan literasi dengan target 786.929 peserta, serta 146 kegiatan sosial pendukung yang diharapkan melibatkan 669.347 sukarelawan. Kolaborasi akan dilakukan dengan kantor perwakilan Bank Indonesia, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), Komite Daerah Ekonomi Keuangan Syariah (KDEKS), dan pelaku usaha jasa keuangan syariah di berbagai daerah.

Ismail menjelaskan bahwa Gerak Syariah 2024 akan dilaksanakan melalui dua rangkaian kegiatan utama. Pertama adalah "Kolaks," yang berfokus pada kajian dan obrolan seputar keuangan syariah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang prinsip-prinsip keuangan syariah.

"Sementara itu, rangkaian kegiatan kedua disebut ‘Kurma' atau ‘Kompetisi Keuangan Syariah di Bulan Ramadhan’ yang bertujuan untuk meningkatkan semangat dan kreativitas masyarakat dalam berbagi informasi dan pengetahuan tentang keuangan syariah," tambahnya.

Ismail berharap bahwa penyelenggaraan Gerak Syariah ini akan membantu dalam menyebarluaskan informasi, meningkatkan kesadaran, dan mengedukasi masyarakat tentang keuangan syariah yang inklusif, universal, dan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

 

OJK
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News