ojk


OJK Menyampaikan Tantangan dalam Pengembangan Ekonomi Keuangan Syariah di Indonesia

Standard Post with Image

Bprnews.id - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen (OJK), Friderica Widyasari Dewi, menyampaikan bahwa kinerja ekonomi keuangan syariah di Indonesia terus mengalami peningkatan. Prestasi tersebut tercermin dari pencapaian aset keuangan dalam sektor keuangan syariah Indonesia, yang pada bulan September 2023 mencapai lebih dari Rp 2.452 triliun atau setara dengan USD 157 miliar. Friderica menekankan bahwa pertumbuhan luar biasa sebesar 6,75 persen per tahun telah mendorong capaian tersebut.

Menurut Friderica, hasil dari laporan State of the Global Islamic Economy (SGIE) 2023 yang dirilis oleh Dinar Standard di Dubai, Uni Emirat Arab, menunjukkan bahwa industri makanan halal Indonesia menduduki posisi kedua secara global. Di sektor lain, seperti industri kosmetik, fashion, media, dan rekreasi halal, Indonesia juga berhasil menempati posisi ketiga.

"Dari laporan State of the Global Islamic Economy 2023, kita bersyukur atas prestasi yang telah kita raih dalam makanan halal yang makin diperhitungkan dalam ekonomi global dan saat ini menempati posisi kedua," ujar Friderica dalam acara peluncuran KEKSI 2023 dan SheFO 2024 pada Senin (26/2/2024).

Prestasi ini menjadi cerminan positif bahwa ekonomi syariah di Indonesia terus berkembang dengan semangat dan keberagaman yang luar biasa. Friderica optimis bahwa ekonomi keuangan syariah akan menjadi fondasi pertumbuhan yang sangat kuat bagi masa depan Indonesia.

Meskipun begitu, Friderica mengakui bahwa di tengah pencapaian positif tersebut, masih terdapat sejumlah tantangan yang perlu diatasi. Untuk mengoptimalkan potensi ekonomi syariah Indonesia di tingkat global, Indonesia perlu bersiap untuk meningkatkan daya dukung dan kontribusi keuangan nasional. Proses pengembangan ekonomi keuangan syariah juga dihadapkan pada beberapa hambatan yang perlu dicermati dan diatasi secara bersama-sama.

ojk
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News