REGULATOR


OJK NTB Sosialisasikan Literasi Keuangan Syariah kepada Mahasiswa di Lombok Timur

Standard Post with Image

BPRNews.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nusa Tenggara Barat (NTB) mengadakan program edukasi tentang keuangan syariah bagi pemuda dan mahasiswa dari sejumlah organisasi kepemudaan dan perguruan tinggi di Kabupaten Lombok Timur.

Kegiatan bertajuk "Urgensi Literasi Keuangan Syariah bagi Mahasiswa" diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Teknologi Sosial dan Kesehatan (ITSKes) Muhammadiyah Selong, bekerja sama dengan OJK NTB.

Analis Bagian Pengawasan Perilaku PUJK, EPK, LMS OJK NTB, Muhammad Abdul Manan, memberikan materi tentang pentingnya literasi dan inklusi keuangan Syariah, serta peran mahasiswa dalam mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan.

"Posisi indeks literasi keuangan Syariah secara nasional saat ini sebesar 9,14 persen, di bawah rata-rata indeks literasi keuangan komposit," ungkap Abdul.

Dia juga menjelaskan bahwa di NTB, indeks literasi keuangan syariah mengalami koreksi dari 22,05 persen pada 2019 menjadi 13,51 persen pada 2022.

Sebagai bagian dari Gerak Syariah di NTB, kegiatan ini merupakan bagian dari program Kampanye Nasional Keuangan Syariah selama bulan Ramadan, berlangsung antara 13 Maret 2024 hingga 10 April 2024.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat meningkatkan kepedulian dan pemahaman masyarakat terhadap produk dan layanan keuangan syariah yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” tambahnya.

Selain itu, kegiatan ini juga mencakup berbagai kegiatan lainnya, seperti pelaksanaan kajian dan obrolan seputar keuangan syariah (Kolak), serta kompetisi keuangan syariah pada bulan Ramadan (Kurma).

“Dengan demikian, kami berharap dapat mendorong peningkatan inklusi keuangan terhadap produk dan layanan keuangan syariah di NTB,” tutup Abdul.

OJK
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News