BPR


OJK Ungkap Penyebab Banyaknya Bank Perekonomian Rakyat (BPR) Bangkrut

Standard Post with Image

BPRNews.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru-baru ini mengungkapkan penyebab di balik gelombang kebangkrutan yang melanda sejumlah Bank Perekonomian Rakyat (BPR). Menurut Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae, keadaan ini disebabkan oleh kondisi internal yang telah memburuk dalam lembaga keuangan tersebut.

Dalam sebuah seminar terkait outlook perbankan di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat pada Jumat lalu (22/3/2024), Dian mengungkapkan bahwa kondisi tidak sehat dari sejumlah BPR ditandai dengan adanya praktik penipuan, di mana laporan keuangan palsu disajikan secara sengaja.

"BPR itu bagus, BPR itu kan banyak, lebih dari 1.500. Pertumbuhannya bagus, cuma ada BPR-BPR tertentu yang bermasalah karena ada fraud, ada governance yang buruk dan lain sebagainya. Nah ini kita tidak boleh membiarkan apalagi zombie-zombienya tidak diselesaikan," ujar Dian.

OJK berkomitmen untuk mengatasi masalah ini agar BPR tidak lagi terperosok ke dalam jurang kebangkrutan. Dian menegaskan bahwa langkah-langkah akan diambil untuk memastikan bahwa BPR memiliki sistem yang sehat dan profesional, sehingga dapat bersaing di pasar modal dengan baik.

Namun, Dian juga mengungkapkan bahwa kemungkinan sekitar 20 BPR akan ditutup dalam waktu dekat. Sejak awal tahun ini saja, sedikitnya tujuh BPR telah kehilangan izin usahanya oleh OJK.

"Kemungkinan akan mencapai 20 (BPR) yang ditutup. Itu kan sudah ditutup sebetulnya, sudah ditutup. Tinggal likuidasinya (pembubaran) saja," terangnya.

OJK berjanji akan mengeluarkan aturan-aturan yang lebih ketat guna mencegah terjadinya praktik penipuan dan tata kelola yang buruk di institusi keuangan tersebut, dengan harapan kedepannya kasus fraud dan masalah tata kelola yang buruk dapat diminimalisir.

Dengan langkah-langkah ini diharapkan industri perbankan, khususnya BPR, dapat bangkit kembali dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional.

BPR
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News