UMKM


Pelatihan Digitalisasi untuk UMKM di Kabupaten Jember

Standard Post with Image

BPRNews.id - Untuk memperluas jangkauan pasar, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) perlu meningkatkan daya saing, terutama dalam hal digital marketing. Menjawab kebutuhan ini, PLUT-KUMKM Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember menyelenggarakan Bimbingan Teknis Digitalisasi UMKM pada hari Senin, 29 Juli 2024.

Acara ini dibuka langsung oleh Dra. Sartini, MM, yang menyampaikan beberapa poin penting untuk menunjang kebutuhan usaha. Ia mendorong para peserta untuk bergabung dalam Komunitas UMKM, memperhatikan target pasar, aktif dalam pelatihan, melengkapi legalitas usaha, dan memanfaatkan media sosial serta e-commerce dengan optimal.

Di hadapan 20 peserta yang hadir, Konsultan Bidang Pemasaran Gandi Prastyawan menjelaskan pentingnya digitalisasi dan branding produk untuk promosi di media sosial. Ia juga berbagi tips untuk meningkatkan loyalitas konsumen, serta mengajak peserta untuk praktek langsung menggunakan aplikasi AI untuk promosi produk, menambah katalog di WhatsApp Business, dan melakukan broadcast promosi via WhatsApp menggunakan aplikasi WAPI.

Bertempat di aula lantai dua gedung PLUT-KUMKM, Bapak Pito dari Bank Indonesia Cabang Jember menjelaskan pentingnya peran UMKM dalam perekonomian Indonesia, perkembangan usaha berbasis Syariah, serta mensosialisasikan QRIS dan berbagai merchant lain yang ditawarkan oleh Bank Indonesia untuk menunjang kegiatan usaha UMKM.

Selain dua materi utama tersebut, terdapat sesi obrolan santai yang diisi oleh Konsultan Bidang SDM Bhakti Dharmawan dan Konsultan Bidang Kelembagaan Suci Hastuti. Dalam sesi ini, peserta berdiskusi mengenai tantangan dalam pengajuan BPOM dan Sertifikat Halal, permasalahan produksi, serta pembiayaan dan permodalan UMKM. Ketiga hal tersebut akan dikonsultasikan dan didampingi secara berkelanjutan oleh para konsultan sesuai bidangnya.

Materi pembahasan digitalisasi yang disampaikan diharapkan dapat diimplementasikan oleh para peserta untuk meningkatkan daya saing UMKM di era digital saat ini.

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News