bank umum


Ratusan Emiten Antri RUPS: Dari BREN hingga Allo Bank

Standard Post with Image

Bprnews.id  - Sebanyak 126 emiten bersiap melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) hingga akhir Mei 2024. Agenda RUPS menjadi salah satu aksi korporasi yang dinanti investor karena berbagai mata acara menarik seperti penggunaan laba untuk dividen, pembahasan aksi korporasi lain seperti right issue, rencana IPO anak usaha, stock split, dan lainnya.

RUPS adalah momen penting bagi perusahaan untuk meminta persetujuan pemegang saham terkait beberapa hal esensial bagi perusahaan. Namun, tidak semua investor bisa hadir di RUPS. Berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi investor sebelum ikut serta dalam RUPS:

  1. Memiliki Saham Perusahaan: Minimal sebanyak 1 lot.
  2. Terdaftar sebagai Pemilik Saham: Pada tanggal yang ditetapkan sebelum tanggal rapat (biasanya sekitar 3 bulan sebelum RUPS).
  3. Menyimpan Saham: Di portofolio hingga berakhirnya masa cum date dan hingga dua hari bursa sebelum recording date.
  4. Membawa Dokumen: Konfirmasi Tertulis Untuk RUPS (KTUR) dan Identitas Diri (KTP).

Tren investor masa kini juga semakin membuat gelaran RUPS menarik dengan berbagi informasi tentang souvenir yang didapatkan melalui media sosial. Misalnya, pada tahun lalu saat RUPS PT Adaro Energy Tbk (ADRO), goodie bag yang dibagikan berisi Adaro Minerals, flashdisk 32 GB, dan vacuum cleaner.

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) juga tak ketinggalan dengan souvenir viralnya yaitu botol minum kekinian, Corkcicle. Pada awal bulan ini, Kamis (2/5/2024), PT Astra International Tbk (ASII) sempat viral karena membagikan souvenir berupa Smartwatch Xiaomi.

Hari ini, Senin (20/5/2024), ada lima emiten yang melangsungkan RUPS, yaitu PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE), PT Primaya Hospital Tbk (PRAY), PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC), PT Duta Intidaya Tbk (DAYA), dan PT Buana Finance Tbk (BBLD).

Emiten lain yang bersiap melangsungkan RUPS adalah PT Allo Bank Indonesia (BBHI) dan PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN). Investor diharapkan terus memantau informasi RUPS untuk mengetahui perkembangan penting dan keputusan yang akan diambil oleh perusahaan-perusahaan tersebut.

Berikut rincian lebih lengkap emiten yang akan melangsungkan RUPS hingga akhir bulan :

Jadwal RUPS Sampai Akhir Mei 2024

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News