bank umum


Tren Kerja Jarak Jauh di AS Memicu Kekhawatiran Terkait Properti Perkantoran

Standard Post with Image

Bprnews.id - "Ada bank bangkrut, tapi ini bukan bank-bank besar," kata Ketua bank sentral AS, Federal Reserve, Jerome Powell, mengomentari tren kerja jarak jauh yang sedang terjadi di Amerika Serikat (AS). Trend ini mengakibatkan gedung-gedung perkantoran menjadi sepi, menimbulkan kekhawatiran terkait penurunan nilai properti dan risiko kerugian bagi pemilik properti yang memiliki pinjaman.

Di San Francisco, Washington, dan bahkan New York, jumlah orang yang bekerja di kantor hanya separuh dibandingkan sebelum pandemi, dengan tingkat kekosongan kantor di seluruh negeri meningkat menjadi 13,5 persen pada 2023. Hal ini memicu penurunan nilai sektor real estat komersial, bahkan sekitar seperempat dari total hipotek properti perkantoran senilai USD737 miliar diperkirakan akan jatuh tempo pada tahun ini.

Perusahaan-perusahaan besar mungkin memiliki kapasitas untuk menyerap sejumlah kerugian, tetapi bagi bank-bank kecil, hal ini dapat menjadi pukulan besar. Dana pensiun atau perusahaan asuransi juga dapat terkena dampak jika mereka memiliki bangunan komersial dalam portofolionya.

Federal Reserve telah mengidentifikasi bank-bank yang berfokus pada sektor real estat komersial, terutama di perkantoran dan ritel, dan sedang berdialog dengan mereka untuk mengatasi risiko yang dihadapi. Namun, situasi ini telah mengarah pada efek domino, menyebabkan penilaian kembali potensi kerugian oleh bank dan peningkatan ketentuan kerugian kredit yang diperlukan untuk menutupi kerugian tersebut.

Perusahaan seperti Komunitas Bancorp New York telah mengalami penurunan kualitas portofolio pinjaman real estat mereka, yang mengakibatkan mereka harus mengalokasikan dana besar untuk menanggulangi masalah ini. Gubernur Federal Reserve Michelle Bowman bahkan memperingatkan bahwa jika tren kerja jarak jauh terus berlanjut, ini akan menjadi masalah jangka panjang bagi ekonomi AS.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News