UMKM


UMKM Sukses Melalui Kemitraan dengan BRI dan AgenBRILink

Standard Post with Image

BPRNews.id - Dessi adalah salah satu pengusaha UMKM yang sukses berkat kemitraan dengan BRI. Wanita tangguh dari Desa Honggobayan, Kartasura ini, bekerja sama dengan AgenBRILink untuk mengembangkan usaha Toko Kelontong miliknya.

Sebelumnya, Dessi bekerja sebagai karyawan di sebuah minimarket selama 8 tahun, lalu melanjutkan karir di toko buku hingga 2015. Namun, setelah menikah dan memiliki anak, ia merasa perlu untuk kembali berkarya. “Setelah anak saya mulai besar, saya mulai memutar otak, dan di lingkungan saya yang mayoritas kos-kosan, saya memutuskan untuk membuka toko kelontong,” ungkap Dessi.

Langkah pertama yang diambil Dessi adalah mencari modal untuk membuka usaha. BRI menjadi pilihan utama, dan ia mengajukan pinjaman yang akhirnya disetujui. Berbekal pengalaman dari pekerjaan sebelumnya, Dessi mengelola toko kelontong dengan penuh semangat. Meski sempat menghadapi tantangan, usaha ini berkembang pesat.

Dessi juga aktif dalam program Kelompok Mekaar di desanya, yang kini memiliki 15 anggota, beberapa di antaranya sudah sukses mandiri. Sebagai tambahan, Dessi bergabung dengan AgenBRILink sekitar setahun yang lalu, meski dengan modal awal yang minim. Kini, dengan sekitar 50 transaksi per hari, usaha AgenBRILink menjadi salah satu andalan dalam meningkatkan pendapatan.

Kemitraan dengan BRI dan AgenBRILink memberikan dampak positif bagi kesejahteraan ekonomi keluarganya. Senior Executive Vice President (SEVP) Ultra Micro BRI, Muhammad Candra Utama, menyebutkan bahwa saat ini sudah ada 1 juta agen AgenBRILink yang membantu memperluas layanan perbankan di seluruh Indonesia.

Candra juga menekankan bahwa AgenBRILink tidak hanya memberikan akses layanan perbankan, tetapi juga menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Dengan komitmen BRI untuk mendukung inklusi keuangan dan pemberdayaan ekonomi, lebih banyak warga di daerah terpencil kini dapat merasakan manfaatnya.

Ke depannya, Dessi berencana membuka cabang baru untuk Toko Kelontongnya setelah pinjaman yang diambil lunas. “Insya Allah, setelah pinjaman saya lunas, saya mau buka cabang baru,” ujarnya.

Pesan Dessi untuk para pengusaha pemula adalah untuk terus berusaha dan tidak mudah menyerah. "Jangan pernah putus asa. Selalu ada opsi dan peluang, asalkan kita mau berusaha dan kreatif," tutupnya.

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News