REGULATOR


Inklusi Keuangan Desa Ekang Anculai Dimulai

Standard Post with Image

BPRNews.id - Program Edukasi Keuangan dan Inklusi (EKI) di Desa Ekang Anculai, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, akan berlangsung dari Mei hingga Desember 2024. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kepri, Sinar Danandjaya, saat berada di Bintan, Kepulauan Riau.

Sinar menyampaikan bahwa program ini disusun untuk melibatkan berbagai kelompok masyarakat, seperti UMKM, petani, peternak, perempuan, dan pelajar, dengan tujuan utama meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di desa tersebut.

Program EKI akan berlangsung dalam tiga tahap utama, dimulai dengan tahap pra-inkubasi, di mana potensi desa akan diidentifikasi dan dipetakan. Pemetaan ini mencakup potensi fisik, alam, manusia, sosial, dan finansial. "Desa Ekang Anculai memiliki potensi besar untuk berkembang sebagai desa wisata, pertanian, peternakan, dan seni kerajinan tangan," jelas Sinar pada Jumat (30/8/2024).

Pada tahap inkubasi, masyarakat Desa Ekang Anculai akan mendapatkan pendampingan intensif dan edukasi keuangan dari berbagai pemangku kepentingan. "Pendampingan ini melibatkan BNI, Bank Riau Kepri Syariah (BRKS), Pegadaian, BPJS Ketenagakerjaan, BPR Bintan, dan OJK," ujar Sinar.

Pada tahap akhir, yaitu pasca-inkubasi, warga desa diharapkan sudah mampu memanfaatkan produk-produk keuangan secara optimal untuk mendukung usaha atau kegiatan produktif mereka. Optimalisasi ini akan didorong melalui berbagai upaya, termasuk penambahan Agen Laku Pandai dan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Dukungan dari berbagai pihak terhadap Program EKI di Desa Ekang Anculai diharapkan mampu memberikan dampak positif jangka panjang, menjadikan desa ini sebagai contoh keberhasilan program literasi dan inklusi keuangan di pedesaan," tambah Sinar.

 


 

ojk
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News