REGULATOR


Investor Asing Tetap Tertarik pada Sektor Perbankan Indonesia, Menurut OJK

Standard Post with Image

Bprnews.id - Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dian Ediana Rae, mengungkapkan bahwa iklim investasi di sektor perbankan Indonesia masih menarik bagi investor asing, meskipun terdapat dinamika dan persaingan yang kompetitif.

"Dalam kondisi umumnya, iklim investasi bagi investor asing di sektor perbankan Indonesia tetap menarik meskipun ada dinamika dan persaingan yang kompetitif," ujar Dian.

Faktor-faktor seperti pertumbuhan ekonomi yang stabil, jumlah populasi yang besar, serta peluang inovasi dan ekspansi, terutama di bidang digital banking, financial technology (fintech), dan inklusi keuangan, masih menjadi daya tarik bagi investor asing.

OJK secara berkala menerima berbagai permohonan izin dari investor asing, termasuk yang berminat memperkuat permodalan bank melalui rights issue. Evaluasi yang ketat dilakukan untuk memastikan kontribusi positif investor asing terhadap sektor perbankan dan ekonomi Indonesia secara keseluruhan.

Kebijakan dan regulasi terus disempurnakan untuk menjaga keseimbangan antara mengundang investasi dan memastikan kestabilan serta integritas sistem keuangan, termasuk aturan tentang batasan kepemilikan, transfer teknologi, dan penguatan kapasitas lokal.

Dian juga mengungkapkan bahwa investor dari Korea dan Jepang masih menunjukkan ketertarikan yang besar terhadap sektor perbankan Indonesia. Pandangan mereka tercermin dalam langkah-langkah strategis yang telah diambil.

Pertumbuhan ekonomi yang solid dan potensi pasar yang besar di Indonesia menjadi pemicu utama bagi investasi. Investor melihat peluang dalam diversifikasi portofolio dan mencari keuntungan dari kondisi ekonomi yang menjanjikan.

Investor Korea dan Jepang terlibat dalam berbagai aspek bisnis perbankan, termasuk kemitraan strategis dengan bank lokal, investasi langsung, dan bahkan akuisisi. Kemitraan dengan bank lokal membantu mereka memahami kebutuhan pasar dengan lebih baik dan meminimalkan risiko operasional.

Investasi langsung dan akuisisi mencerminkan komitmen jangka panjang mereka terhadap pertumbuhan dan perkembangan sektor perbankan Indonesia.

OJK
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News