ojk


OJK Aceh Berkomitmen Tingkatkan Inklusi Keuangan Syariah

Standard Post with Image

Bprnews.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aceh terus berupaya melakukan berbagai program edukasi keuangan serta memperluas akses produk dan layanan keuangan syariah bagi seluruh masyarakat Aceh.

Dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan (BIK), OJK Aceh menggelar kegiatan Puncak BIK Tahun 2023 dengan tema “Akses Keuangan Merata, Masyarakat Sejahtera” di Lembaga Pendidikan Islam (Dayah) Ma‘hadal Ulum Diniyah Islamiah (MUDI) Mesjid Raya Samalanga (MESRA), di Aceh, Bireuen, Minggu (22/10).

Kepala OJK Aceh Yusri membuka Kegiatan Puncak BIK Tahun 2023 dan dihadiri langsung oleh lebih dari 2.500 santriwan dan secara virtual oleh ribuan santriwati melalui MUDI TV.

Dalam sambutannya Yusri menyampaikan, OJK telah melakukan survei nasional setiap 3 tahun sekali untuk mengukur tingkat literasi dan inklusi keuangan. Survei terakhir yang dilakukan pada tahun 2022 menunjukkan tingkat literasi keuangan di Aceh sebesar 49,87%.

Dengan angka 49,87%, Aceh melampaui rata-rata nasional Indonesia dan itu belum semuanya. Tingkat inklusi keuangan di Aceh mencapai 89,87%, jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata Negara sebesar 85,10%.

“Hal ini tidak terlepas dari dukungan seluruh pemangku kepentingan dan komitmen bersama Lembaga Jasa Keuangan (LJK) di Aceh,” kata Yusri.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Pimpinan Dayah MUDI MESRA Abu Syech H Hasanoel Basri HG, Ulama Muda Dayah MUDI Zahrul Fuadi Mubarrak dan Sekretaris Daerah Kabupaten Bireuen Ibrahim Ahmad, MSi.

Turut hadir pula Direktur Utama Bank Aceh Syariah Muhammad Syah, Regional CEO Aceh Bank Syariah Indonesia Wisnu Sunandar, Plt Kepala Biro Perekonomian Provinsi Aceh, Husaini SKM MM dan perwakilan Kepala Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh serta Kabupaten Bireuen.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan inklusi keuangan dengan pembukaan rekening simpanan pelajar kepada para santri sebanyak 1.000 rekening yang terbagi oleh Bank Aceh Syariah sebanyak 500 rekening dan Bank Syariah Indonesia Regional Aceh sebanyak 500 rekening.

Sebelumnya, dalam rangkaian kegiatan inklusivitas keuangan OJK Aceh telah mengambil langkah signifikan melalui serangkaian kegiatan, dimulai dengan Training of Trainers (ToT) untuk mahasiswa. Pelatihan ini dirancang untuk membekali peserta didik dengan ilmu-ilmu penting yang dapat disebarluaskan selama Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah paling terpencil, terdepan dan tertinggal yang biasa disebut daerah 3T.

OJK Aceh melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) akan melaksanakan kegiatan pasca inkubasi Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI) di Desa Wisata Cinta Raja, Langsa, wilayah yang akses keuangannya terhadap Lembaga Jasa Keuangan (LKJ) masih rendah.

Sampai dengan Agustus 2023, tercatat peningkatan jumlah rekening pada Lembaga Jasa Keuangan (LJK) di mana jumlah rekening Number of Account (NoA) simpanan Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan di Aceh (BUS/UUS & BPRS) meningkat 11,24% dari 7,24 juta NOA menjadi 8,05 juta NOA. Lonjakan finansial ini ditandai dengan total DPK sebesar Rp39,59 triliun pada Agustus 2023, pada saat yang sama rekening pembiayaan perbankan di Aceh (BUS/UUS & BPRS) mengalami peningkatan sebesar 10,62%, meningkat dari 415,6 ribu NOA menjadi 459,72 ribu NOA, dengan total financing standing tinggi sebesar Rp37,61 triliun per Agustus 2023.

Hal yang sama terjadi pada perusahaan pembiayaan (finance) di Aceh yang juga mengalami peningkatan jumlah rekening pembiayaan sebesar 13,10 persen dari 242,45 ribu rekening menjadi 274,22 ribu dan jumlah SID Pasar Modal meningkat 12,95 persen dari 114,48 ribu SID menjadi 129,27 ribu SID.

“Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bank Aceh Syariah, BSI Aceh, Dayah MUDI MESRA dan segenap pemangku kepentingan (stakeholder) yang hadir dan mendukung program peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah di Aceh. Semoga upaya kita meningkatkan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah menjadi amal dan juga berkah bagi kita semua,” kata Yusri.

ojk
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News