bank umum


OJK Buka Suara Terkait Bank Commonwealth yang akan di Akuisisi

Standard Post with Image

Bprnews.id - Unit usaha dari Commonwealth Bank of Australia (CBA) yang beroperasi di Indonesia, PT Bank Commonwealth, sedang dalam proses akuisisi oleh beberapa investor ternama seperti CIMB Group dan JTrust. Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebagai pengawas industri jasa keuangan di Indonesia, telah memberikan pandangan tentang kabar tersebut.

Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengabarkan, OJK belum mendapat izin aksi korporasi dari perbankan. Namun, rencana aksi korporasi masih terus berjalan.

"Belum ada izin, lagi pula kalau ada [izin] belum bisa saya sampaikan karena itu akan berpengaruh pada saham dan lain sebagainya. Dampak corporate action kan ada. Tapi kalo soal ada [rencana aksi korporasi] itu jelas, sedang ada beberapa calon," ujar Dian kepada awak media setelah Rapat Kerja DPR dengan Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada Senin (6/11).

Seperti diketahui, pada akhir November tahun lalu, Commonwealth Bank of Australia, induk perusahaan Bank Commonwealth, dikabarkan sedang mempertimbangkan penjualan unit bisnis perbankannya di Indonesia.

Mengacu laporan Bloomberg merinci bagaimana langkah bisnis bank besar Australia di Indonesia diharapkan dapat memberikan dorongan keuangan yang signifikan. Menurut sejumlah sumber yang tidak disebutkan namanya, penjualan unit bisnis Commonwealth Bank di Indonesia bertujuan untuk memberikan keuntungan finansial kepada salah satu bank terbesar di Australia tersebut dengan memberikan tambahan dana segar.

Selain itu, langkah strategis yang dilakukan perusahaan untuk keluar dari pasar non-inti, bahkan spesifik manajemen CBA yang dikabarkan sedang mencari nasihat dari penasihat keuangan untuk menyikapi aksi korporasi mereka di Indonesia.


 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News