REGULATOR


OJK Dorong Penguatan Kinerja BPR Melalui Pelatihan Implementasi Standar Akuntansi

Standard Post with Image

Bprnews.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Bali, bersama dengan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perbarindo Bali, terus mendorong penguatan kinerja Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dengan mengadakan pelatihan implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Privat (SAK EP). Pelatihan tersebut dihadiri oleh BPR dari wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, bertempat di Hotel Haris Cokro Denpasar pada Selasa (20/2/2024).

Kepala OJK Provinsi Bali, Kristrianti Puji Rahayu, menekankan pentingnya pemahaman dan penerapan SAK EP bagi BPR. "BPR masih memegang peranan penting di sektor perekonomian, sehingga sikap adaptif dan optimis BPR diperlukan dalam menyikapi pemberlakuan SAK EP," ujarnya.

Kristrianti juga menyampaikan bahwa penerapan SAK EP akan berlaku efektif per tanggal 1 Januari 2025 dan akan memasuki fase parallel run pada bulan Juni 2024. Untuk menghadapi pemberlakuan tersebut, BPR perlu memperhatikan kecukupan kebijakan dan prosedur, sistem perbankan yang handal, serta kesiapan Sumber Daya Manusia.

Selain itu, penguatan permodalan juga menjadi fokus OJK, sesuai dengan ketentuan kewajiban modal inti minimum sebesar Rp 6 miliar pada akhir tahun 2024. Pelatihan ini diikuti oleh 131 BPR di Provinsi Bali, empat BPR dari Provinsi NTB, dan sembilan BPR dari Provinsi NTT.

Dalam pelatihan ini, narasumber dari Kantor Akuntan Publik Purwantono, Sungkoro, & Surja (Ernst & Young Indonesia) memberikan materi kepada peserta. Selain pelatihan kepada BPR, juga dilaksanakan sosialisasi untuk pengawas BPR di OJK Provinsi Bali agar memiliki pemahaman yang sama dengan BPR tentang SAK EP.

Data OJK per 31 Desember 2023 menunjukkan pertumbuhan positif total aset BPR serta penyaluran kredit di wilayah Bali, NTB, dan NTT. Ketahanan permodalan BPR juga terjaga dengan baik, tercermin dari capital adequacy ratio (CAR) yang berada di atas threshold.

Peningkatan penyaluran kredit di Provinsi Bali sejalan dengan meningkatnya aktivitas pariwisata serta sektor pendukungnya seperti sektor pertanian, yang berdampak positif pada kinerja BPR di wilayah tersebut. OJK terus memantau dan mendukung perkembangan sektor perbankan agar dapat berkontribusi maksimal pada pertumbuhan ekonomi regional dan nasional.

 

OJK
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News