REGULATOR


OJK Luncurkan Program EKI di Desa Dolokgede untuk Tingkatkan Inklusi Keuangan Perdesaan

Standard Post with Image

BPRNews.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong peningkatan inklusi keuangan di wilayah perdesaan melalui program Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI), yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan mereka. Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar, mengungkapkan, "Kunci pertumbuhan ekonomi nasional adalah kekuatan potensi domestik, yaitu pertumbuhan ekonomi daerah, dengan fokus pada tingkat desa."

Menurut Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI), inklusi keuangan pada 2023 mencapai 88,7 persen, meningkat 0,7 poin dari tahun sebelumnya. Pada 2024, OJK mengimplementasikan program EKI di 44 desa, berkoordinasi dengan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), kantor OJK di daerah, kementerian, lembaga terkait, dan lembaga jasa keuangan. Salah satu program EKI diluncurkan di Desa Dolokgede, Kabupaten Bojonegoro.

Program ini mencakup inisiatif Desaku Cakap Keuangan, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat desa tentang lembaga, produk, dan layanan keuangan melalui pelatihan dan edukasi. Hingga kini, EKI telah mencatat pembukaan lebih dari 8.000 rekening tabungan, penyaluran kredit/pembiayaan kepada lebih dari 1.500 debitur, serta penambahan titik akses keuangan melalui agen Laku Pandai dan sistem pembayaran QRIS. Selain itu, telah dilaksanakan 500 kegiatan edukasi keuangan dan pendampingan.

Program EKI di Desa Dolokgede akan berlangsung dari Juli hingga Desember 2024 dan melibatkan berbagai kelompok masyarakat, termasuk UMKM, petani, peternak, perempuan, buruh, dan pelajar. Kegiatan akan dilakukan melalui tiga tahapan: prainkubasi, inkubasi, dan pasca inkubasi. Pada tahap prainkubasi, potensi desa akan dipetakan dengan fokus pada pengembangan sebagai desa berbasis pendidikan dan keolahragaan, atau edu-sportainment. Pada tahap inkubasi, masyarakat akan mendapatkan pendampingan dan edukasi keuangan, serta pemberdayaan. Di akhir program pascainkubasi, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan produk keuangan secara optimal untuk mendukung usaha dan kegiatan produktif lainnya. Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan serta kesejahteraan masyarakat desa.

 

ojk
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News