bank umum


Potensi Membaiknya Kredit Perbankan pada Agustus 2023

Standard Post with Image

Bprnews.id - Penyaluran kredit sepanjang tahun berjalan 2023 yang memang masih melambat diproyeksikan mulai akan membaik pada Agustus 2023.

Hal tersebut tercermin dari Survei Permintaan dan Penawaran Pembiayaan Perbankan yang baru baru ini telah dirilis Bank Indonesia (BI). Di mana, Saldo Bersih Tertimbang (SBT) di bulan tersebut sebesar 85,3%, lebih tinggi dari bulan Juni 2023 sebesar 81,7%.

Sementara peningkatan penyaluran kredit baru pada bulan Agustus 2023 diperkirakan terjadi pada seluruh kategori bank maupun seluruh jenis kredit. Namun, Bank Umum Syariah diprediksi masih tertinggi dengan SBT 100% dan untuk jenis kredit paling tinggi untuk kredit konsumsi dengan SBT 70,2%.

Meski demikian, BI masih melihat adanya perlambatan kredit yang akan terjadi di Juli 2023. Mengingat, survei perbankan menunjukkan SBT hanya sebesar 45,1%.

Pembiayaan dari nasabah merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi perkiraan tersebut selanjutnya adalah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta tingkat persaingan usaha dari bank lain.

BI mencatat 7,76% adalah angka pertumbuhan kredit perbankan secara tahunan (YoY) pada Juni 2023 lalu. Ini menjadi pertumbuhan paling rendah sepanjang tahun ini.

Namun, beberapa pihak masih optimis dengan pertumbuhan kredit yang lebih baik. Salah satunya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menilai hingga akhir tahun pertumbuhan kredit masih bisa sekitar 10% hingga 12%.

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News