bank umum


Rekor Investasi: Malaysia Catat Angka Tertinggi Rp1,07 Kuardriliun pada 2023

Standard Post with Image

Bprnews.id - Malaysia pada tahun 2023 mencapai rekor Investasi tertinggi dalam sejarah, yaitu 329,5 miliar ringgit Malaysia (RM) atau setara dengan lebih dari Rp1,07 kuardriliun, menurut Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 23 persen dibandingkan dengan tahun 2022, dengan investasi asing menjadi kontributor utama sebesar 57,2 persen, sedangkan investasi domestik mencapai 42,8 persen.

Melalui akun media sosialnya, Anwar mengungkapkan bahwa peningkatan yang signifikan ini didorong oleh peningkatan investasi dalam negeri sebesar 35,1 persen dan investasi asing sebesar 15,3 persen.

Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa kebijakan yang mendukung investasi dan bisnis, yang diimplementasikan melalui kerja sama seluruh pemerintah, mulai memberikan hasil dalam meningkatkan kepercayaan investor.

Dalam rapat Dewan Investasi Nasional, Anwar memimpin pembahasan mengenai arah investasi digital negara tersebut sejalan dengan pertumbuhan sektor ekonomi digital, yang diperkirakan akan menyumbang sebesar 25,5 persen dibandingkan dengan 23,2 persen pada tahun 2021.

 

Selama periode 2021 hingga 2023, sebanyak 396 proyek terkait digital telah disetujui dengan total investasi sebesar RM128,9 miliar (sekitar Rp420,4 triliun) di sektor pusat data, komputasi awan, hosting data, analisis data besar, dan kecerdasan buatan.

Anwar mengharapkan bahwa investasi dalam proyek digital tersebut akan menciptakan 36.553 lapangan kerja bagi masyarakat lokal.

Kehadiran perusahaan digital terkemuka dunia dan pemimpin pasar global di Malaysia juga memberikan indikasi penting bahwa negara tersebut menawarkan ekosistem investasi yang menarik dan kondusif untuk investasi digital.

“Oleh karena itu, saya menekankan pentingnya bagi departemen dan lembaga pemerintah untuk memfasilitasi potensi investasi digital sebaik mungkin, tanpa mengorbankan aspek keamanan data dan kedaulatan nasional,” ujar Anwar.

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News