REGULATOR


Roberto Akyuwen Indonesia Jadi Laboratorium Keamanan Siber Dunia

Standard Post with Image

BPRNews.id - Kepala OJK Jabodebek dan Provinsi Banten, Roberto Akyuwen, menyatakan bahwa industri keuangan Indonesia telah menjadi salah satu "laboratorium terbesar di dunia" dalam hal keamanan siber. Hal ini diungkapkannya saat berbicara di Growth Summit 2024 yang diselenggarakan oleh Moengage dan Infobank Digital di Jakarta pada Kamis, 29 Agustus 2024.

“Indonesia menjadi salah satu laboratorium terbesar di dunia untuk berbagai kasus yang terjadi di industri keuangan,” ujar Roberto.

Ia menjelaskan bahwa bankir-bankir Indonesia sering kali diundang oleh lembaga-lembaga internasional untuk menghadiri workshop terkait keamanan siber. Tujuan dari undangan ini adalah untuk mempelajari contoh-contoh kasus keamanan siber yang terjadi di Indonesia. “Kita ini punya variasi masalah keamanan siber yang sangat beragam,” tambah Roberto.

Pentingnya Smart Collaboration

Selain itu, Roberto juga mendorong pelaku industri keuangan untuk menerapkan konsep yang disebutnya sebagai smart collaboration. Menurutnya, setiap pelaku industri harus terhubung dengan berbagai ekosistem yang ada. 

“Saya seringkali mengusulkan konsep smart collaboration. Meskipun awalnya terdengar asing, namun kini mulai diterapkan,” ungkapnya. Roberto juga menyebut bahwa OJK telah mendorong sekitar 200 bank di wilayah Jabodebek dan Provinsi Banten untuk melakukan smart collaboration dalam upaya meningkatkan keamanan siber.

“Kita tidak bisa bergerak sendirian. Tidak ada cukup dana, keahlian, atau informasi untuk mengatasi semua masalah sendiri. Oleh karena itu, kolaborasi dengan pihak-pihak yang lebih kompeten sangat diperlukan,” tutup Roberto.

 

 

ojk
Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News