investasi


Strategi Menarik investasi Dengan Subholding.

Standard Post with Image

bprnews.id - Menarik Investasi dengan menggunakan strategi enam subholding kini telah diterapkan oleh PT Pertamina (Persero), optimistis bisa mempercepat pencapaian target net zero emission di tahun 2060.

Ema Sri Martini selaku Direktur Keuangan Pertamina menjelaskan pembentukan subholding menjadi upaya Pertamina bertahan dan meningkatkan minat investor untuk bekerja sama dalam menjalankan proyek transisi energi.

"Saya rasa strategi ini sangat efektif untuk menarik investasi hingga menarik bisnis yang mencocokkan sektor-sektor tertentu yang terdiri dari enam subholding kami," ujar Emma dalam ASEAN-Indo-Pacific Forum, Rabu (6/9/2023).

Emma mengatakan akan menargerkan pendapatan perusahaan lebih besar melalui energi baru, saat ini perusahaan 95 persen berasal dari bisnis fosil.

Hal ini dilakukan perusahaan dengan memperbesar alokasi investasi ke sektor energi bersih tanpa harus meninggalkan bisnis fosil.

"Kami mengalokasikan lebih banyak investasi untuk proyek energi bersih," kata Emma menegaskan.

Namun Emma Mengakui transisi energi ini tidak bisa berkembang secara cepat karena indonesia membutuhkan akses energi yang murah oleh karena itu pertamina mengambill langkah dekabonasi dengan unit bisnis fosil yang masih menjadi kebutuhan utama masyarakat Indonesia saat ini. 

"Yang pertama adalah dekarbonisasi, bisnis yang sudah ada, bagaimana kita bisa beroperasi dengan model operasi yang lebih ramah lingkungan dengan bisnis yang sudah ada," kata Emma.

Sedangkan di satu sisi, Pertamina tetap harus menjamin ketahanan energi nasional dengan membangun lini bisnis baru yang lebih ramah lingkungan. "Jadi menurut saya, ada dua mandat yang harus kita laksanakan secara bersamaan," kata Emma menambahkan.

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News