bank umum


Akhirnya Negara Muslim Terbesar Punya Bank Syariah Berskala Global

Standard Post with Image

BPRNews.id  - Sejak terbentuknya PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) tiga tahun lalu melalui merger tiga unit usaha syariah bank pelat merah, industri perbankan syariah di Indonesia telah mengalami pertumbuhan signifikan. Sebelum adanya BSI, sektor ini berkembang lambat dengan pangsa pasar yang stagnan di kisaran 5%. Namun, keberadaan BSI telah berhasil mendorong pangsa pasar perbankan syariah hingga lebih dari 7% per Juni 2024, dengan pertumbuhan yang konsisten dalam berbagai indikator keuangan.

Menurut Hery Gunardi, Direktur Utama BSI, "Alhamdulillah, memasuki tahun ketiga ini, BSI berhasil menjaga pertumbuhan kinerja keuangan dan bisnis secara sehat dan berkualitas." BSI mencatat pertumbuhan aset sebesar 15,05% secara tahunan, mencapai Rp360,85 triliun, menjadikannya bank syariah terbesar di Indonesia serta urutan keenam terbesar secara nasional.

Tak hanya fokus di dalam negeri, BSI juga mulai melebarkan sayap di kancah global. Pada September 2024, BSI menempati peringkat 9 bank syariah terbesar dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. Selain itu, BSI juga membuka kantor cabang di Dubai pada Agustus 2023, yang menjadikannya bank syariah Indonesia pertama yang memiliki cabang di sana.

Peneliti ekonomi syariah dari INDEF, Fauziah Rizki Yuniarti, berkomentar bahwa BSI memiliki potensi besar untuk terus memimpin pasar perbankan syariah di Indonesia. “Modal itu bensinnya bank. Jadi kalau modalnya besar, BSI bisa menjangkau lebih banyak potensi pasar,” katanya.

Dengan dukungan modal yang kuat, BSI diproyeksikan terus tumbuh dan memperluas segmen-segmen pembiayaan seperti konsumer, ritel, dan UMKM.

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News