UMKM


BCA Fasilitasi Penyerahan 475 Sertifikat Halal bagi UMKM di Nusa Tenggara Barat

Standard Post with Image

Bprnews.id - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melaksanakan penyerahan 475 sertifikat halal kepada 364 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Graha Bakti Praja, Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat pada akhir Januari lalu.

"Dengan penerbitan 475 sertifikat halal ini, kami berharap dapat memberikan dukungan yang signifikan bagi UMKM dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas produk serta perluasan skala usaha mereka," ungkap John Kosasih, Direktur BCA.

BCA telah memfasilitasi penerbitan 967 sertifikat halal hingga Januari 2024, menjelang capaian target 1.000 sertifikat halal bagi UMKM di berbagai daerah. John menegaskan bahwa sertifikat halal merupakan kebutuhan penting bagi pelaku usaha, terutama mengingat populasi umat muslim yang besar di Indonesia.

"Sisanya, ada puluhan sertifikat halal bagi UMKM yang sedang dalam proses penerbitan, dan diestimasikan terbit dalam waktu dekat. Kami bersyukur dapat mencapai jumlah fasilitasi penerbitan sertifikat sesuai estimasi," kata John.

Penerbitan sertifikat halal oleh BCA tersebar di berbagai daerah, seperti 475 sertifikat di Lombok, 133 di Solo dan Yogyakarta, serta 103 di Banjarmasin. Selain itu, ada juga sebanyak 71 di Tulungagung, 47 di Makassar, 45 di Jabodetabek, 41 di Tasikmalaya, 32 di Lampung, dan 20 sertifikat halal di Padang.

Langkah BCA dalam memfasilitasi sertifikat halal bagi UMKM sejalan dengan ketentuan pemerintah yang menetapkan bahwa produk makanan, minuman, dan jasa terkait harus memiliki sertifikat halal pada 17 Oktober 2024.

Tidak hanya itu, BCA juga mencatatkan pertumbuhan penyaluran kredit UMKM sebesar 13,4 persen year-on-year, mencapai Rp116,0 triliun sepanjang 2023. Selain itu, BCA secara aktif menyelenggarakan pelatihan dan seminar untuk UMKM, termasuk pelatihan ekspor di Yogyakarta dan Semarang.

Melalui berbagai program ini, BCA terus memperkuat komitmennya untuk mendukung perkembangan UMKM di Indonesia, baik dalam aspek sertifikasi produk hingga peningkatan akses pasar global bagi pelaku usaha lokal.

 

Share this Post:

TERBARU

Copyrights © 2024 All Rights Reserved by BPR News